5 Fakta Elon Musk, Si Orang Terkaya Sejagat

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 21:00 WIB
Perjalanan Elon Musk
Foto: istimewa
Jakarta -

Elon Musk kini menjadi orang terkaya sejagat raya. Pendiri sekaligus CEO Tesla Inc tersebut merebut posisi pendiri Amazon.com Jeff Bezos, yang kini turun ke urutan ke-2 berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index.

Berikut 5 fakta menarik terkait Elon Musk:

1. Geser Jeff Bezos Dalam Semalam

Harta ekayaan Musk melonjak dalam semalam dan menggeser Bezos. Kekayaan Musk tercatat sebesar US$ 195 miliar atau setara Rp 2.742 triliun (kurs Rp 14.064). Kekayaan Musk lebih tinggi US$ 10 miliar atau sekitar Rp 140 triliun dari kekayaan Bezos. Bloomberg mencatat, kekayaan Bezos sebesar US$ 185 miliar atau sekitar Rp 2.601 triliun.

Musk berhasil menggeser Bezos dalam semalam karena lonjakan drastis pada harga saham Tesla yang terdaftar di index Nasdaq Composite itu. Dilansir dari CNBC, saham Tesla melonjak hampir 8% pada penutupan perdagangan semalam, dan berada di level US$ 816,04 per lembar.

Bahkan, pada perdagangan semalam itu, nilai pasar saham Tesla sempat melebihi Facebook untuk pertama kalinya menurut Reuters.

2. Nilai Pasar Saham Tesla Tembus Rp 10.000 T

Setelah harga sahamnya melonjak, otomatis nilai pasar saham TSLA mencapai lebih dari US$ 760 miliar atau setara Rp 10.688 triliun. Angka itu menunjukkan kapitalisasi perusahaan Elon Musk telah naik lebih dari 700% dalam 12 bulan terakhir.

Kini, Tesla menjadi perusahaan otomotif paling berharga di dunia, meskipun jumlah produksinya hanya sebagian kecil saingannya seperti Toyota, Volkswagen dan General Motors.

3. Elon Musk Cetak Sejarah

Dilansir dari CNBC, pria dengan nama asli Elon Reeve Musk itu telah menjadi orang tercepat dalam menggeser para seniornya di daftar orang terkaya dunia. Ia mencetak rekor dalam sejarah daftar orang terkaya di dunia karena lonjakan kekayaannya terjadi sangat cepat bagaikan kilat.

Pada Juli 2020 lalu, Elon Musk menggeser Warren Buffett dari posisi orang terkaya ke-7 di dunia. Lalu, pada November lalu Musk menggeser Bill Gates dari posisi orang terkaya ke-2 di dunia. Kini, Bill Gates pun disalipnya dari posisi nomor 1.

4. Kenangan Masa Kecil yang Kelam

Kesuksesan Musk ternyata tak diperolehnya secara instan. Ia bahkan memiliki masa kecil yang kelam. Ia pernah menjalani masa kanak-kanak di Afrika Selatan. Kala itu, Musk kerap dicap aneh karena introvert alias tertutup serta lebih suka berada di perpustakaan dan membaca ketimbang bersosialisasi dengan pergi ke pesta, minum, dan sejenisnya.

Semasa kanak-kanak, Musk juga kerap menjadi korban bully alias perundungan. Ia bahkan pernah dilarikan ke rumah sakit setelah sekelompok anak di sekolahnya menghajar hingga pingsan.

Meski begitu, Musk selalu mendapat didikan yang keras dari kedua orang tuanya di rumah. Di usia 9 tahun, dia harus menerima kenyataan bahwa bapak dan ibunya berpisah alias cerai.

Musk juga kerap ribut dengan ayahnya, Errol Musk yang empat kali kawin cerai dan pernah menghamili anak tiri dari salah satu perkawinannya. Mereka bahkan pernah tak berbicara satu sama lain dalam kurun waktu setahun lebih.

5. Punya Pengalaman Jadi Cleaning Service

Setelah tinggal di Afrika Selatan, Musk pindah ke Kanada untuk tinggal dengan pamannya. Di Kanada, ia pernah bekerja sebagai petugas kebersihan atau bisa disebut cleaning service di sebuah pabrik kayu. Tugasnya adalah memberikan ruangan ketel di pabrik tersebut dengan bayaran sebesar US$ 18 per jam.

Dalam biografinya, Musk menceritakan bahwa ia harus mengenakan alat pelindung diri (APD) jenis baju hazmat untuk membersihkan ruang ketel tersebut. Ia harus masuk ke dalam terowongan kecil yang sangat sempit. Kemudian, ia harus membersihkan pasir, residu, dan kotoran lainnya dengan sekop dalam ruangan yang suhunya tinggi.

"Jika Anda berada dalam terowongan itu lebih dari 30 menit, Anda akan kepanasan dan mati," tulisnya dalam biografi Elon Musk tersebut.

(fdl/fdl)