Digugat Rp 543 Miliar, IKEA Buka-bukaan Pemutusan Kerja Sama

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 09 Jan 2021 08:30 WIB
Ada ulat di dalam hidangan nasi, Ikea dihukum denda
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

IKEA Supply AG digugat perusahaan lokal PT Agri Lestari Nusantara (ALN). Gugatan disampaikan ke Pengadilan Negeri Tangerang dengan pokok perkara perbuatan melawan hukum.

ALN meminta hakim menghukum perusahaan asal Swedia itu untuk membayar ganti rugi Rp 543 miliar. IKEA Supply AG pun angkat suara.

Grup IKEA tersebut menekankan pihaknya selalu percaya pada hubungan jangka panjang dengan seluruh mitra penyuplai, termasuk yang ada di Indonesia. Sebab, menurut IKEA, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan sourcing selama lima tahun ke depan.

"Hubungan jangka panjang adalah dasar untuk produksi dan pengembangan yang efisien," ujar IKEA Range & Supply Media Relations & Newsdesk dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Jumat (8/1/2021).

Namun, ada kalanya pihak IKEA terpaksa memutus kerja sama dengan mitra penyuplainya. Dalam kasus ini salah satunya PT Agri Lestari Nusantara.

"Pada kesempatan yang jarang terjadi, kami memutuskan untuk tidak lagi bekerja sama dengan mitra penyuplai kami. Pemutusan kerja sama ini merupakan keputusan yang berat bagi kami. Sebelum melakukan hal ini, kami selalu memastikan bahwa semua pilihan lain telah diusahakan dan dicoba," sambungnya.

Namun, IKEA enggan merinci alasan pemutusan kerja sama dengan ALN. IKEA pun enggan memberikan penjelasan lebih jauh terkait upaya apa yang akan diambilnya terkait gugatan ALN.

"Kami tidak akan memberikan tanggapan di depan umum atas diskusi kami dengan salah satu mitra penyuplai kami," tegasnya.

"Lebih lanjut, kami tidak akan memberikan tanggapan atas kasus spesifik mengenai pemutusan kontrak ini. Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk menemukan kesepakatan yang adil bagi IKEA dan juga mitra kami," tambahnya.

Sebagai informasi, Grup Inter IKEA terdiri dari tiga bisnis inti, yaitu Waralaba, Range & Supply dan Industri. Di dalam bisnis Waralaba, Inter IKEA Systems B.V. adalah pemilik dari Konsep IKEA dan pemberi waralaba secara global.

Inter IKEA Systems B.V mengembangkan dan menawarkan Konsep IKEA kepada pemegang waralaba IKEA, sehingga memungkinkan pemenuhan jangka panjang Ide Bisnis IKEA. Di dalam bisnis Range & Supply, IKEA of Sweden AB bertanggung jawab untuk mengembangkan, mendesain dan memproduksi solusi perabot rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari banyak orang.

Selain itu, IKEA Supply AG adalah perusahaan wholesale yang menyuplai pemegang waralaba IKEA dengan produk IKEA. Terakhir, bisnis industri adalah manufaktur produk IKEA berbahan dasar kayu.

Proses persidangan gugatan terhadap IKEA sudah sampai tahap apa? Langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2