BPJAMSOSTEK Mau Ganti Direksi dan Dewas, Ini Harapan Serikat Pekerja

Inkana Putri - detikFinance
Sabtu, 09 Jan 2021 20:35 WIB
Ketua Umum Serikat Pekerja BPJAMSOSTEK Tri Candra Kartika
Foto: Dok. BPJAMSOSTEK
Jakarta -

Direksi dan Dewan Pengawas (Dewas) BPJAMSOSTEK akan melakukan penggantian dalam waktu dekat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah mengantongi sejumlah nama Calon direksi dan Dewas BPJAMSOSTEK tersebut. Nama-nama itu diajukan oleh Panitia Seleksi (Pansel).

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Serikat Pekerja BPJAMSOSTEK Tri Candra Kartika mendukung penuh keputusan Presiden Jokowi dalam memilih dan menetapkan Dewas dan Direksi BPJAMOSTEK.

"Kami meyakini calon yang akan dipilih memiliki integritas dan pengalaman dalam pengelolaan jaminan sosial, sehingga dapat menyelaraskan visi misi institusi dengan program pemerintah guna mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong," ujar Candra dalam keterangan tertulis, Sabtu (09/01/2020).

Candra menjelaskan serikat pekerja siap bersinergi dengan manajemen baru untuk mengawal, menjaga dan memperkuat BPJAMSOSTEK. Dengan demikian BPJAMSOSTEK mampu memberikan manfaat bagi pekerja, pengusaha dan pembangunan di Indonesia.

Ia pun berharap direksi terpilih dapat mempertahankan manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para peserta. Hal ini guna mempertahankan derajat hidup pekerja Indonesia, terutama di tengah pandemi COVID-19 yang masih belum mereda.

Lebih lanjut, Candra menyampaikan pihaknya mengingatkan agar manajemen baru harus siap menghadapi tantangan baru dalam menjalan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) mulai dari regulasi turunan, sistem IT, hingga sosialisasi. Mengingat program tersebut merupakan amanat dari Undang-Undang Cipta Kerja.

Pihaknya juga berharap agar direksi terpilih mampu meningkatkan hubungan antar lembaga di seluruh daerah. Hal ini sebagai wujud sinergi menjalankan amanah UU, serta memberikan perlindungan bagi seluruh pekerja Indonesia. Selain itu, para Direksi dan Dewas diharapkan dapat menjalin sinergi hubungan industrial yang harmonis dengan seluruh karyawan.

"Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK periode 2016-2021 yang telah bekerja keras dan senantiasa berkolaborasi dengan seluruh insan BPJAMSOSTEK dalam meningkatkan kinerja institusi serta menciptakan beragam inovasi yang mampu mendongkrak kapasitas layanan dan manfaat bagi peserta BPJAMSOSTEK, terlebih di tahun 2020 yang sarat dengan tantangan dan keterbatasan," pungkasnya.

(akd/hns)