Gerakan Bangga Buatan Indonesia 2021 Diluncurkan di 3 Bandara

Nurcholis Maarif - detikFinance
Senin, 11 Jan 2021 11:28 WIB
Bangga Buatan Indonesia
Foto: Nurcholis Maarif/detikcom
Bali -

Kementerian Perhubungan mendukung mendukung gerakan nasional (gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan Pemerintah Indonesia. Salah satunya dengan peluncuran gerakan ini sekaligus di tiga bandara.

Peluncuran yang mengambil tema 'Produk UMKM Indonesia Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri' dipusatkan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali hari ini dan diikuti di Bandara Soekarno-Hatta, dan Yogyakarta International Airport. Gerakan ini juga rencananya akan dilanjutkan di Stasiun Gambir beberapa waktu ke depan.

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam arahannya mengatakan ini merupakan kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta agar produk UMKM artisan semakin dibeli masyarakat.

"Produk UMKM kita makin baik, (dan gerakan ini) untuk merubah mindset produk UMKM yang nyatanya memiliki kualitas premium dan membanggakan. Kita juga harus betul-betul membeli dan menggunakan produk artisan Indonesia, yang kini sudah dipermudah didapat melalui digital," ujarnya secara virtual, Senin (11/1/2021).

Ia juga mengatakan salah satu target gernas BBI di 2021 adalah membangkitkan ekonomi Bali di Januari ini lalu dilanjutkan di provinsi lain.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan stakeholder transportasi siap mendukung gerakan BBI. Salah satunya dengan memberikan fasilitas area komersil dan display produk UMKM di simpul transportasi seperti bandara, terminal, dan stasiun.

"Kami bersama stakeholder transportasi mendukung penuh gerakan kampanye BBI dalam rangka memperkuat industri UMKM dalam negeri. Bisa dibayangkan jika 270 masyarakat Indonesia membeli produk lokal, insyaallah industri UMKM di dalam negeri akan semakin maju," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan Bank BCA senang turut serta mendukung gernas BBI. Sebab pihaknya menyadari bahwa UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia.

"Saya senang sekali BCA dapat mendukung UMKM di Indonesia dalam program pemerintah, yaitu gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Kami menyadari bahwa UMKM merupakan pilar perekonomian bangsa Indonesia," ujarnya.

Ia juga mengatakan BCA punya program Bangga Lokal yang satu visi dengan Bangga Buatan Indonesia. Pihaknya menyediakan permodalan hingga infrastruktur transaksi dalam program tersebut.

Sebagai informasi, dalam peluncuran di Bandara I Gusti Ngurah Rai, turut hadir Menkop UKM Teten Masduki, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang, dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir di Bandara Soekarno-Hatta, sementara Gubernur BI Perry Warjiyo, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja hadir secara virtual.

(ega/hns)