Perusahaan Investasi AS Beli Katalog Lagu Vokalis OneRepublic

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 11 Jan 2021 22:47 WIB
Jumlah Miliuner Dolar Naik Tiga Kali Lipat Dalam 20 Tahun Terakhir
Ilustrasi/Foto: DW (News)
Jakarta -

Perusahaan investasi asal Amerika Serikat (AS) Kohlberg Kravis Roberts (KKR) & Co mau membeli katalog lagu dari penulis lagu sekaligus vokalis pentolan OneRepublic, Ryan Tedder.

KKR dengan investasi di TikTok dan perusahaan musik BGM juga akan memiliki hak penerbitan dan rekaman musik ke katalog yang memiliki hampir 500 lagu itu, termasuk yang ditulis bersama dengan artis populer seperti Beyonce, Lady Gaga, Paul McCartney dan U2.

Dilansir dari Reuters, Senin (11/1/2021), katalog tersebut bernilai hampir US$ 200 juta atau setara Rp 2,8 triliun (kurs Rp 14.200/US$). Hingga saat ini KKR masih menolak untuk mengomentari nilai kesepakatan.

Manajemen Tedder dan perusahaan pengembang artis juga akan mengambil bagian dalam transaksi tersebut. Label rekaman Interscope Records akan tetap memiliki rekaman master OneRepublic, di mana Tedder menjadi pentolannya.

KKR mengatakan ingin memperluas jangkauan musik Tedder, dengan pengalaman investasinya di bisnis digital, media, dan musik.

Tedder juga menulis lagu dengan Stevie Wonder, Ed Sheeran, Cardi B dan Jonas Brothers. Keller, Turner, Andrews & Ghanem mewakili Tedder dan OneRepublic. Sementara Latham & Watkins dan FTI Consulting bertindak sebagai penasihat KKR dalam transaksi tersebut.

(hns/hns)