Dimulai dari Jokowi, Vaksinasi COVID-19 Perdana Dimulai Besok

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 12 Jan 2021 06:15 WIB
Kemasan vaksin COVID-19 diperlihatkan di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV), Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Jakarta -

Vaksin COVID-19 rencananya akan mulai disuntikkan mulai besok, tepatnya pada 13 Januari 2021. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan hal itu akan dilakukan sesuai rencana.

Luhut mengatakan vaksinasi akan dilakukan serentak dan dia yakin hasilnya akan sukses menekan penyebaran virus Corona selama 3 bulan ke depan.

"Sambil kita akan mulai hari Rabu vaksinasi nasional, itu akan serentak, dan ini 3 bulan akan kelihatan dampak yang baik," kata Luhut saat memberi sambutan dalam acara peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Senin (11/1/2021).

Di sisi lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga memastikan pemerintah akan memulai penyuntikan vaksin COVID-19 pada Rabu besok. Presiden bakal jadi orang pertama yang disuntik.

"Insyallah, Bapak Ibu kita akan mulai di hari Rabu dan akan dimulai oleh Bapak Presiden," kata Budi Gunadi.

Dia menegaskan, pemerintah tak akan mendahului BPOM. Dia bilang, BPOM merupakan lembaga yang menentukan kelayakan vaksin.

"Karena kita tidak mungkin, pemerintah tidak akan mendahului persetujuan BPOM karena BPOM badan independen yang secara scientific berhak menentukan vaksin ini layak atau tidak," kata Budi Gunadi.

Penyuntikan vaksin COVID-19 dimulai besok, izin pemakaian darurat dari BPOM sudah keluar?

Selanjutnya
Halaman
1 2