d'Mentor : Gelimang Uang dari Ekspor Cupang

dtv - detikFinance
Selasa, 12 Jan 2021 12:20 WIB
Jakarta -

Meningkatnya tren masyarakat menekuni sejumlah hobi di masa pandemi virus COVID-19 dapat mendatangkan rezeki dan menjadi peluang bisnis, terutama bagi orang yang memang menekuni hobi tertentu. Sebut saja misalnya hobi merawat ikan hias seperti ikan cupang yang peminatnya terus meningkat dari masa ke masa.

d'Mentor kali ini akan berbincang bersama Mirza Ghulam Ahmad, seorang penghobi ikan cupang sekaligus pebisnis ikan cupang yang telah menekuni seluk beluk ikan cupang sejak tahun 2008. Menurut Mirza, merawat ikan cupang selain menjadi hobi, juga memiliki peluang usaha yang sangat besar, harga ikan cupang cukup fantastis, bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per ekornya.

Selain itu, penghobi ikan hias seperti cuan tersebar di semua kalangan, bisa dari kalangan anak sekolah hingga penghobi yang memiliki dana berlebih. Pangsa pasarnya pun tidak hanya di Indonesia, ikan cupang bisa menjadi komoditas ekspor yang menguntungkan bagi para pelaku usahanya.

Atas kesuksesannya berjualan ikan cupang, Mirza juga merupakan satu-satunya penjual cupang yang memiliki 3 cabang di negara lain, yaitu di New Jersey, Amerika Serikat, kemudian Serawak, Malaysia dan di Brunei Darussalam. Jeli melihat peluang, Mirza mencari jenis cupang yang unik dan jarang dijual orang yaitu jenis "rosetail" yang sebenarnya merupakan ikan "cacat" atau "reject" dari jenis halfmoon. Namun di balik itu, ikan tersebut tetap memiliki keindahan tersendiri hingga akhirnya terkenal dengan nama "King Rosetail" hingga saat ini.

Jadi bagi detikers yang ingin mencuri ilmu berbisnis ikan cupang dan seluk beluknya saksikan dalam "Cetak Cuan dari Cupang" hari Selasa (12/1) secara livestreaming pukul 16:30 WIB hanya di detikcom.

(gah/gah)