Kekayaan Harun Yahya Ditaksir Capai Rp 14 Triliun

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 12 Jan 2021 12:41 WIB
Harun Yahya alias Adnan Oktar
Foto: Instagram @adnanoktar_
Jakarta -

Harun Yahya alias Adnan Oktar dihukum 1.000 tahun penjara oleh Pengadilan Turki. Dia dituduh melakukan kejahatan seks terhadap perempuan yang menjadi pengikutnya atau 'kittens.' Menarik untuk mengulas, berapa harta kekayaan Harun Yahya?

Melansir newsbeezer yang mengutip surat kabar Turki, Yeni ┼×afak, Selasa (12/1/2021), penulis kontroversial itu ditaksir memiliki kekayaan mencapai US$ 1 miliar atau setara Rp 14 triliun (kurs: Rp 14.000). Kekayaan tersebut berdasarkan berita pada Juli 2018 lalu.

Laporan Panitia Investigasi Kejahatan Keuangan (MASAK) waktu itu memeriksa rekening bank Harun Yahya dan anggotanya. Menurut perkiraan awal, Harun Yahya yang memiliki kekayaan US$ 200 juta seharusnya memiliki lebih banyak aset.

Menurut bank, polisi memperkirakan aset Oktar mencapai hampir US$ 1 miliar. Di sisi lain, organisasi tersebut mengaku memiliki beberapa anggota organisasi dan menggunakan sumber keuangannya. Sayangnya tak ada informasi valid atas kekayaannya.

Seperti dilansir dari AFP, Selasa (12/1), pengadilan itu digelar pada Senin (11/1). Laporan dari tv swasta, Harun Yahya dijatuhi hukuman 1.075 tahun karena kejahatan termasuk kekerasan seksual, pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, penipuan dan percobaan spionase politik dan militer.

Pengadilan juga menghukum dua eksekutif di organisasi Harun Yahya, Tarkan Yavas dan Oktar Babuna, masing-masing selama 211 dan 186 tahun.

Kantor berita resmi Anadolu melaporkan bahwa Harun Yahya juga dinyatakan bersalah karena membantu kelompok yang dipimpin oleh pengkhotbah Muslim yang berbasis di Amerika Serikat (AS) Fethullah Gulen yang disalahkan Turki karena melakukan upaya kudeta yang gagal pada tahun 2016.

(toy/zlf)

Tag Terpopuler