Ada Pandemi, Bagaimana Rencana Investasi Jaringan 5G Indosat?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 12 Jan 2021 16:29 WIB
Indosat, Kota Digital Indonesia, Head of Business Development IoT & Smart City Indosat Ooredoo Hendra Sumiarsa
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

PT Indosat Tbk (ISAT) masih ancang-ancang untuk berinvestasi pada jaringan 5G di Indonesia. Saat ini operator telekomunikasi tersebut masih memperluas layanan jaringan 4G.

Direktur & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha menjelaskan pihaknya menyadari teknologi 5G adalah masa depan telekomunikasi. Namun, dia menegaskan perseroan masih akan fokus mengembangkan 4G ke seluruh Indonesia.

"Kami mendukung rencana pemerintah dalam mengimplementasikan teknologi 5G setelah cakupan 4G telah merata dan maksimal pemanfaatannya," kata dia Selasa (12/1/2021).

Meski demikian, dia menjelaskan dalam 6 kuartal terakhir investasi yang dilakukan Indosat juga mencakup persiapan 5G.

"Timing bagi kami sangat penting karena ekosistemnya harus siap. Oleh karena itu kami terus bekerja dan berkomunikasi dengan regulator terkait roadmap-nya sehingga keuntungan 5G bisa dirasakan seluruh ekosistem," jelasnya.

Indosat juga melihat tingginya permintaan layanan telekomunikasi di masa pandemi. Untuk itu, pihaknya memilih untuk tetap fokus mengembangkan jaringan 4G ke seluruh pelosok Indonesia, terutama di luar Pulau Jawa.

Terlebih, pandemi COVID-19 dirasa telah menimbulkan sejumlah tantangan bagi Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia, salah satunya terkait kebutuhan layanan digital dan telekomunikasi.

"Kebutuhan layanan digital dan telekomunikasi selama pandemi meningkat, karena banyak masyarakat yang harus bekerja dari rumah serta anak-anak sekolah dari rumah. Jadi tahun ini kami akan terus melanjutkan berbagai inisiatif yang telah kami lakukan sebelumnya," tambahnya.

(toy/zlf)