Kisah Inspiratif

Jualan Software Sejak Umur 15, Pria Ini Kini Berharta Rp 122 Triliun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 13 Jan 2021 07:00 WIB
Marc Benioff/Reuters
Foto: Marc Benioff/Reuters
Jakarta -

Kebanyakan orang menyandang gelar orang kaya di usia yang tak lagi muda. Namun, tidak untuk Marc Benioff. Pengusaha ini menjadi orang kaya di usianya yang cukup muda yakni 25 tahun.

Kekayaan Marc berasal dari perusahaan yang ia bangun Salesforce, perusahaan komputasi awan terkemuka di dunia.

Seperti dikutip Entrepreneur, Selasa (12/1/2021), perjalanan bisnis Marc dimulai pada saat usia 15 tahun. Pada saat itu ia mendirikan perusahaan pertamanya Liberty Software. Di usia itu, ia menjual perangkat lunak pertamanya How to Juggle seharga US$ 75.

Setelah itu, ia menjual sejumlah game 8-bit untuk sistem termasuk Atari 800 mencakup Crypt of the Undead, King Arthur's Heir, The Nightmare and Escape From Vulcan's Isle.

Kemudian, Marc menghabiskan 13 tahun waktunya di perusahaan perangkat lunak Oracle di bawah CEO Larry Ellison. Ia masuk sebagai salah satu eksekutif termuda perusahaan dan di usianya 25 tahun gajinya telah mencapai jutaan.

Banyaknya waktu yang ia habiskan di Oracle membuatnya merasa ada sesuatu yang hilang akan pandangannya tentang kesuksesan. Ia pun berbicara pada Ellison dan mengambil cuti panjang.

Dia menghabiskan beberapa bulan di Hawaii mempelajari meditasi, lalu memiliki ide dasar untuk Salesforce saat berenang bersama lumba-lumba di Samudra Pasifik. Amazon dan eBay yang saat itu sudah muncul membuatnya bertanya pada dirinya sendiri.

"Mengapa kami masih memuat dan meningkatkan perangkat lunak seperti yang selama ini kami lakukan, padahal sekarang kami dapat melakukannya melalui internet?"

Salesforce didirikan pada tahun 1999. Lewat Salesforce, Marc meluncurkan bentuk baru komputasi awan software as a service (SaaS). Melalui SaaS, individu dan perusahaan dapat menyewa perangkat lunak melalui internet menginstalnya di komputer fisik.

Perusahaan itu akhirnya membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Forbes mencatat, Marc saat ini berada di urutan 69 orang terkaya dunia. Ia memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 8,6 miliar atau sekitar Rp 122,12 triliun (kurs Rp 14.200).

(acd/zlf)