Uni Eropa Bakal Kucurkan Rp 653 M ke RI, Buat Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 13 Jan 2021 12:12 WIB
Uni eropa
Foto: Kementerian ESDM
Jakarta -

Uni Eropa akan menggelontorkan dana 38 juta euro untuk diinvestasikan ke Indonesia melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI. Bila dikonversi ke rupiah, nilanya adalah Rp 653.562.000.000 (kurs Rp 17.199).

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket menjelaskan kerja sama dengan PT SMI ini termasuk komponen yang sudah dijamin oleh development bank di Uni Eropa.

"Secara total ada 38 juta euro dan dana ini akan digeneralisasikan menjadi sejumlah dana yang akan ditingkatkan dananya untuk investasi untuk PT SMI," kata dia dalam webinar, Rabu (13/1/2021).

Namun, dia menjelaskan dana tersebut masih bisa bertambah lagi jumlahnya. Kerja sama ini berhubungan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

"Kami berharap kerja sama ini akan menjadi kerja sama yang luar biasa dan ini bisa menimbulkan adanya potensi-potensi investasi di Indonesia oleh development bank," sebutnya.

Piket melanjutkan, pihaknya mengumpulkan sumber-sumber yang ada agar proyek kerja sama ini dapat terwujud.

"Dan adalah suatu sikap kami untuk solidaritas dan dukungan dari Uni Eropa, menunjukkan solidaritas dan dukungan kami bagi Indonesia, bagi masyarakat Indonesia," tambahnya.

(toy/ara)