Bicara Protokol Kesehatan, Sandiaga: Tiap Hari Saya Diswab

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 14 Jan 2021 16:41 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bicara soal adaptasi kebiasaan baru berupa protokol kesehatan di tengah pandemi dalam sektor pariwisata.

Bahkan dia berbicara dirinya saja hampir setiap hari melakukan tes swab demi menciptakan protokol kesehatan yang baik untuk menghindari virus Corona. Dia mengatakan hingga hari ini sudah 4 kali melakukan tes swab Corona selama seminggu.

"Saya minggu ini sudah 4 kali, ini hari Kamis, tiap hari saya diswab. Jadi saya memastikan terus ini bagian dari keseharian kita, cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak," ungkap Sandiaga dalam rapat kerja di Komisi X DPR, Kamis (14/1/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan di destinasi pariwisata pun protokol kesehatan harus disiplin dilakukan. Dia menargetkan semua tempat wisata akan memiliki sertifikasi CHSE.

Sertifikat ini diberikan kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan

"Tentang adaptasi, kita perlu biasakan dan disiplinkan protokol kesehatan dan sertifikat CHSE di tiap destinasi pariwisata dalam bentuk adaptasi kebiasaan baru," ujar Sandiaga.

"Prioritas 2021 kita tingkatkan dan tambah serta meluaskan akselerasi CHSE ini," lanjutnya.

(dna/dna)