Lagi Pandemi, Pengusaha Usul Rayakan Imlek di Rumah Masing-masing

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 14 Jan 2021 23:10 WIB
Berbagai persiapan dilakukan oleh warga Tionghoa di Glodok, Jakarta Barat, untuk menyambut hari Raya Imlek. Warna merah mendominasi pemukiman.
Ilustrasi: Foto: Rengga Sancaya: Melihat Persiapan Warga Tionghoa di Glodok Sambut Imlek
Jakarta -

Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 12 Februari mendatang. Sayangnya, Tahun Baru Imlek 2021 ini juga dibarengi dengan pandemi COVID 19. Belum lagi dalam waktu belakangan terjadi lonjakan penularan COVID 19.

Untuk mendukung program pemerintah terkait pengetatan protokol kesehatan, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) mengimbau semua anggotanya untuk menggelar perayaan Tahun Baru Imlek 2572 mendatang secara virtual dan dilakukan di rumah saja.

"Ada baiknya perayaan Tahun Baru Imlek kali ini dilaksanakan di rumah masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Juru Bicara (Jubir) INTI, Lexyndo Hakim, dalam keterangannya, Kamis (14/1/2021).

Lexy menambahkan, kebiasaan saling mengunjungi keluarga dan kerabat saat perayaan Imlek sebaiknya ditunda dulu. Menurut dia, silaturahmi masih dapat dilakukan secara virtual memanfaatkan berbagai teknologi dan aplikasi yang sudah sangat mendukung sekali.

Penyampaian imbauan Perhimpunan INTI terkait perayaan Imlek 2021 itu juga dihadiri Ketua Umum Teddy Sugianto, Wasekjen Inti Candra Jap, Juru Bicara INTI Pusanti Ding, dan Ketua Bidang Organisasi INTI Pusat Willy Yanto Wijaja.

"Mari bersama kita saling mendoakan serta dengan bijak saling menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri maupun keluarga di rumah," tutur Lexy.

Kembali mengutip surat edaran Ketum INTI, Lexy mengingatkan semua anggota INTI untuk tetap selalu mematuhi dan melaksanakan 5 M Protokol Kesehatan. Yakni, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas..

(hns/hns)