3 Fakta Raffi Ahmad Party di Rumah Cucu Pendiri KFC

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 15 Jan 2021 18:00 WIB
Raffi Ahmad divaksin COVID-19
Raffi Ahmad Divaksinasi/Foto: dok. Youtube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Raffi Ahmad menghadiri sebuah pesta (party) usai divaksinasi. Sikapnya itu bikin heboh publik lantaran terlihat dalam sebuah foto yang beredar tidak menerapkan protokol kesehatan.

Diketahui pesta itu digelar di rumah cucu pendiri KFC Indonesia, Sean Gelael untuk merayakan ulang tahun ayahnya, Ricardo Gelael yang berlokasi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Berikut 3 faktanya:

1. Didirikan 1978

Dikutip dari situs resmi KFC Indonesia, diketahui PT Fast Food Indonesia Tbk merupakan waralaba tunggal merek KFC di Indonesia yang didirikan oleh keluarga Gelael pada 1978. Orang yang pertama kali mendirikan itu bernama Dick Gelael.

Nah Dick Gelael ini memiliki anak bernama Ricardo Gelael yang merupakan pembalap senior Tanah Air. Kemudian Ricardo menikah dan memiliki anak bernama Sean Gelael, yang juga menjadi pembalap muda di Indonesia dan namanya ikut terseret karena heboh Raffi Ahmad.

2. Mulai Mendunia

Pada 1979, KFC Indonesia mendapat akuisisi waralaba dengan pembukaan gerai pertama pada bulan Oktober di Jalan Melawai di Jakarta. Pembukaan gerai pertama terbukti sukses dan diikuti dengan pembukaan gerai-gerai KFC selanjutnya di Jakarta dan ekspansi hingga ke sejumlah kota besar lainnya di Indonesia seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado.

Pada akhir 2011 saja, KFC Indonesia telah mengoperasikan gerainya sebanyak 421 yang tersebar di 32 dari 33 provinsi, di lebih dari 95 kota-kota di seluruh Indonesia. Perseroan saat itu tercatat mempekerjakan sekitar 16.365 karyawan, dengan hasil penjualan lebih dari Rp 3,317 triliun.

Tidak hanya itu, kakek Sean Gelael juga mendirikan perusahaan besar lainnya di Indonesia yakni PT Finindo Foods Indonesia, PT Gelael Supermarket dan PT Aneka Satwitra Sari Food. Namun dia harus meninggalkan bisnisnya karena tutup usia pada 2014.

3. Diteruskan Ricardo Gelael

Sejumlah bisnis termasuk KFC Indonesia kini diteruskan oleh Ricardo Gelael. Sejak itu lah KFC Indonesia mendirikan slogan 'Jagonya Ayam', yang merupakan sebuah julukan sponsorship untuk pembalap Indonesia Sean Gelael.

KFC Indonesia pun semakin melekat dengan pembalap. Tim Jagonya Ayam bekerja sama dengan tim pembalap asal Inggris, Carlin Motorsport, membentuk Tim Jagonya Ayam with Carlin di ajang Formula 3 Eropa. Tim ini diperkuat tiga pebalap Sean Gelael (Indonesia), Tom Blomqvist (Inggris), dan Antonio Giovinazzi (Italia).

(ara/ara)