Perempuan Juga Bisa Jadi Bos BUMN, Ini Daftarnya!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 16 Jan 2021 16:30 WIB
Nicke Widyawati resmi menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina. Nicke menjadi wanita kedua yang memegang pucuk tertinggi di Pertamina.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginginkan 15% kursi direksi perusahaan BUMN diisi oleh perempuan. Saat ini Erick sedang berupaya meningkatkan porsi jabatan perempuan di perusahaan pelat merah.

Saat ini sejumlah BUMN juga telah dipimpin oleh perempuan. Berikut dirangkup detikcom daftar bos BUMN perempuan. Ini daftarnya:

Pertamina
BUMN Migas ini dipimpin oleh Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama. Nicke merupakan lulusan Hukum Bisnis dari Universitas Padjajaran (S2) dan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) (S1). Sebelum menjadi Direktur Utama Nicke dipercaya memegang jabatan Direktur SDM Pertamina dan pernah menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN.

Perum Peruri
Perusahaan BUMN percetakan uang ini dipimpin oleh Dwina Septiani Wijaya. Dwina meraih sarjana Teknik Sipil dan Perencanaan di ITB. Kemudian dia meraih gelar Magister di Trium Emba Program, New York University, London School of Economics dan HEC School of Management in Paris. Sebelum menjabat Dirut, Dwina pernah menjadi staf khusus Menteri BUMN, Direktur Utama BPUI, Direktur Keuangan BPUI, Direktur Utama Bahana TCW Investment Management, Direktur Investasi.

Perum Damri
Perusahaan BUMN penyedia angkutan ini dipimpin oleh Setia N Milatia Moemin. Wanita kelahiran 24 Maret 1961 ini sebelumnya menjabat sebagai Dirut PT Trias Cipta OSG-PMDN, Dirut PT Saoda Trias Cipta, Anggota Komite Audit PT Kreta Api Indonesia, Tim Advisor Dirjen Perhubungan Darat.

ASDP Ferry
Perusahaan pelayaran ini dipimpin oleh Ira Puspadewi. Sebelum diangkat menjadi Direktur Utama ASDP Ferry, Ira merupakan Direktur Ritel, Jaringan dan SDM PT Pos Indonesia dan Direktur Utama PT Sarinah.

Sarinah
Dipimpin oleh Fetty Kwartati. Fetty merupakan lulusan California State University dan profesional Degree in International Business UCLA, USA. Sebelum menjabat Direktur Utama Sarinah Fetty merupakan Head of Sustainability Corporate Secretary & Treasury PT Mitra Adi Perkasa.

Industri Kapal Indonesia
Perusahaan perkapalan BUMN ini dipimpin oleh Diana Rosa. Dia memimpin PT IKI pada Juli 2020.

Bank Mandiri
Wakil Direktur Utama Bank Mandiri diisi oleh perempuan yakni Alexandra Askandar. Dia menggantikan posisi Hery Gunardi. Sebelumnya Alexandra merupakan Direktur Corporate Bank Mandiri.

(kil/fdl)