Sudah Tahu Sejarah Monas? Ini yang Perlu Diketahui

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 17 Jan 2021 08:00 WIB
Proyek revitalisasi Monas bagian selatan yang penuh polemik sudah selesai dikerjakan. Berikut deretan foto-foto sejak polemik proyek ini mencuat hingga masuk babak akhir.
Foto: Tim detikcom

Selanjutnya 45 (tahun 45 dilambangkan dengan luas cawan. Tinggi Tugu sampai ke pelataran puncak adalah 110 meter, sedangkan tinggi Tugu sampai ke ujung lidah api adalah 132 meter.

Alasan pembangunan Monas di Lapangan Merdeka karena terletak di jantung ibu kota. Kemudian luasnya ideal dan dikelilingi gedung pemerintah. Serta merupakan situs sejarah berlangsungnya rapat raksasa IKADA.

Pendiri Komunitas Historia Indonesia Asep Kambali mengungkapkan ada sumber yang menyebutkan jika Tugu Monas dirancang agar bisa berumur 1000 tahun.

"Sehingga pada 2.960 Monas akan memberikan gambaran Indonesia zaman sekarang," jelas dia.

Selain itu menurut dia pembangunan Monas sebenarnya tak terlepas dari upaya Presiden Soekarno untuk mencitrakan negara yang belum lama didirikan.

Ia juga bertujuan agar Indonesia menjadi negara yang besar dan punya kuasa serta hebat.

"Beliau membangun proyek mercusuar, inilah dia membangun simbol-simbol tak hanya Monas," jelas dia.

Monas direncanakan dibangun sejak 1954 tapi baru dieksekusi pada periode 1961 apalagi ke depannya keuangan negara sedang berantakan dan Bank Indonesia (BI) dipaksa menjadi mesin pencetak uang.

Kemudian dengan power yang dimiliki oleh Bung Karno. Dirinya meminta kepada para pengusaha yang dianggap mampu untuk menyumbang pembangunan Monas.

Halaman

(kil/zlf)