Maskapai AS Minta Penerbangan Dibuka Lagi dengan Hasil Tes Corona

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 18 Jan 2021 12:32 WIB
Maskapai pizza Delta Airlines bagi-bagi pizza kepada para penumpang karena pesawat mereka delay
Ilustrasi/Foto: (@dellin/Twitter)
Jakarta -

Grup maskapai Amerika Serikat (AS), Airlines for America (A4A) bersama grup lainnya meminta pemerintah AS untuk menetapkan tes Corona menjadi syarat penumpang melakukan penerbangan. Mengingat pembatasan di seluruh dunia telah menekan permintaan maskapai.

Dikutip dari Forbes, Senin (18/1/2021) Seruan itu dilakukan grup maskapai untuk meningkatkan ekonomi negara. Sebab maskapai penerbangan merupakan penggerak utama kegiatan ekonomi. Jadi, jika sektor penerbangan pulih industri lain juga terbantu.

Industri penerbangan dalam bahaya karena merugi setiap harinya. Delta Airlines baru-baru ini mengumumkan bahwa berharap keuangan mereka menjadi stabil pada kuartal II 2021. Namun, mereka juga pesimis hal itu tidak akan terjadi jika melihat kondisi saat ini.

Sejauh ini maskapai penerbangan terpaksa menyetujui pembatasan dan meningkatkan masa karantina untuk orang yang datang dari luar negeri. Hal itu dilakukan untuk menekan penularan COVID-19. Namun, kebijakan itu berhasil mengorbankan banyak perjalanan udara.

Kini, maskapai penerbangan perlu fokus menumbuhkan keyakinan konsumen bahwa terbang itu aman. Hal itu bisa dilakukan jika penyebaran vaksin COVID-19 yang cepat dan efisien terbukti secara luas.

Saat ini, pendekatan yang lebih baik untuk mengembalikan permintaan maskapai dan membuat orang melakukan aktivitas secara leluasa adalah peluncuran vaksin yang cepat, memakai masker sampai tingkat penularan rendah.

(eds/eds)