Airlangga Donor Plasma Konvalesen, JK: Insyaallah Selamatkan 3 Orang

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 18 Jan 2021 16:54 WIB
Menko Perekonomian/Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto jadi salah pendonor plasma konvalesen. Hal itu disaksikan dalam acara Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen secara virtual, Senin (18/1/2021).

Langkah Airlangga itu dapat pujian dari Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla. Menurutnya donor plasma dari Airlangga bisa membantu menyembuhkan hingga 3 orang positif COVID-19.

"Pak Airlangga hari ini menyelamatkan Insyaallah 3 orang, aamiin," ujar Jusuf Kalla dalam acara tersebut, Senin (18/1/2021).

Menurut Jusuf Kalla kebutuhan plasma konvalesen cukup tinggi namun pasokannya masih tergolong sangat sedikit.

"Soal berapa pendonor dibutuhkan sekarang ini baru kita bisa supply 1.000 per bulan kita masih membutuhkan 5x lipat dari itu jadi berarti kita butuh setidak-tidaknya 5.000 pendonor per bulan di seluruh indonesia," ungkapnya.

Sebenarnya, sambung JK potensi pendonor plasma konvalesen di Indonesia cukup banyak. Sebab, total pasien yang sudah sembuh COVID-19 bisa mencapai 700.000. Akan tetapi, belum banyak penyintas yang mau mendonorkan plasma konvalesennya. Untuk itu, pemerintah dan PMI mengadakan acara ini untuk mendorong para penyintas hadir ikut serta menyelamatkan nyawa lainnya.

"Kalau setahun itu berarti hanya 50 ribu jadi 10% saja penyintas yang mendonor itu sudah cukup. Tapi, permintaannya 200 per hari kita hanya sanggupnya 50 per hari berarti 1.500 per bulan," imbuhnya.

Airlangga Pernah Positif COVID-19?

Untuk diketahui, donor plasma konvalesen ini hanya bisa diberikan oleh penyintas atau orang yang sudah sembuh dari COVID-19 kepada positif COVID-19. Sehingga, kehadiran Airlangga sebagai pendonor hari ini pun jadi sorotan. Sebab, selama ini tak pernah tersiar kabar Airlangga mengidap COVID-19.

Sejauh ini, pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga belum memberi penjelasan soal hal tersebut.

Namun, hal itu justru diungkap oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy yang membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya, Muhajir menyatakan bahwa Airlangga merupakan penyintas alias pasien yang sudah sembuh dari COVID-19.

"Yang saya hormati Menko Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto yang pada hari ini menjadi salah satu penyintas yang mendonorkan konvalesennya" ungkap Muhajir.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Bidang Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Linda Lukitari Waseso. "Bapak Menko Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto pertama kali menjadi pendonor penyintas plasma," ucapnya.

(zlf/zlf)