Rapat Bareng DPD, Sri Mulyani Umumkan Anak Buahnya Positif COVID-19

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 19 Jan 2021 14:17 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) didampingi Wamenkeu Suahasil Nazara (kanan) mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi XI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Raker tersebut membahas Laporan Keuangan Kementerian Keuangan pada APBN 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.
Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat ini sedang melaksanakan rapat kerja bersama Komite IV Dewan perwakilan Daerah (DPD). Raker kali ini membahas mengenai kinerja Transfer ke Daerah dan Dana Desa di tahun 2020.

Dalam kesempatan ini, Sri Mulyani pun meminta maaf sekaligus mengumumkan Dirjen Perimbangan Keuangan Astera Primanto Bhakti tidak bisa ikut rapat lantaran positif COVID-19.

"Pak Sukiryanto kami mohon maaf karena pak Dirjen Perimbangan, Pak Prima yang biasanya menjadi partnernya sedang dalam isolasi mandiri karena kena positif," kata Sri Mulyani secara virtual, Selasa (19/1/2021).

"Jadi kami juga mohon doanya juga supaya teman-teman dalam situasi yang terus dijaga kesehatannya," tambah Sri Mulyani.

Pada raker tersebut, terlihat Direktur Dana Transfer Khusus Putut Hari Satyaka yang berasal dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan.

Perlu diketahui, realisasi anggaran transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 762,5 triliun hingga akhir Desember 2020, angka tersebut sebesar 99,8% dari pagu Rp 763,9 triliun. Dari realisasi tersebut, untuk transfer ke daerah realisasinya Rp 691,4 triliun atau 99,8% dari pagu 692,7 triliun.

Sementara untuk realisasi penyaluran dana desa menunjukkan peningkatan lantaran didukung oleh penyederhanaan prosesnya. Hingga akhir 2020, realisasi dana desa mencapai Rp 71,1 triliun atau 99,9% dari pagu Rp 71,2 triliun.

(hek/fdl)