Proyek SBSN Terganjal Lahan, Budi Karya Usul Ini ke Sri Mulyani

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 20 Jan 2021 14:10 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melihat koleksi yang bakal dilelang di Galeri Nasional, Jakarta, Rabu (28/2/2018). Ia tampak semringah.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkap proyek infrastruktur yang dibiayai lewat Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara terkendala oleh pembebasan lahan.

"2019-2020 kita mendapat proyek yang tidak begitu meningkat ini lebih banyak karena masalah tanah yang sebelumnya dijanjikan oleh Pemda tapi tidak dilakukan sehingga kami bersama-sama LMAN (Lembaga Manajemen Aset Negara) membebaskan tanah," ujarnya dalam Forum Kebijakan Pembiayaan Proyek Infrastruktur Melalui SBSN secara virtual, Rabu (20/1/2021).

Budi Karya menceritakan sulitnya pembebasan lahan itu membuat beberapa proyeknya jadi molor. Yang awalnya ditargetkan selesai pada 2020, realisasinya untuk SBSN tahun anggaran 2020 hanya 91,58%.

"Alhamdulillah kami bisa mencapai satu capaian lebih dari 91% dan ini terkendala sedikit karena beberapa proyek tanahnya belum selesai. (Sedangkan) beberapa proyek yang lain kita bisa laksanakan dengan baik," ucapnya.

Atas dasar itu, Budi Karya mengusulkan kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang turut hadir dalam acara agar proses pembebasan lahan sebaiknya didahulukan satu tahun sebelum pemberian dana SBSN.

"Katakanlah penyelesaian di Makassar-Parepare itu daerah perkotaan kita usulkan satu tahun LMAN masuk dulu bebasin tanah, jadi baru tahun depannya kita diberikan anggaran dari SBSN. Jadi tahun ini kita usulkan walaupun kita belum dapat SBSN kita diberikan pembebasan tanah dulu, baru satu tahun kemudian kita diberikan SBSN. Kalau tidak kita kejar-kejaran," ucapnya.

Sebagai informasi, tahun 2021 Kemenhub mendapat anggaran SBSN sebesar Rp 5,67 triliun. Berikut deretan infrastruktur transportasi yang dibiayai SBSN sejak 2013:

● DT Cirebon-Kroya
● DT Kroya-Kutoarjo
● DT Solo-Kedungbanteng
● DT Maja-Rangkasbitung
● Jalur KA Layang Medan-Bandar Khalifah
● Jalur KA Bandartinggi-Kualatanjung
● Jalur KA Rantauprapat-Kota Pinang
● Jalur KA Besitang-Langsa
● Jalur KA Kedungbanteng-Madiun
● Jalur KA Bandara YIA
● DT Mojokerto-Jombang
● DT Bogor-Sukabumi
● Makassar-Parepare
● Jalur KA Araskabu-Siantar
● Fasilitas Perkeretaapian
● Manggarai-Jatinegara
● Terminal Anak Air Padang
● Pelabuhan Penyeberangan Tomia
● Pelabuhan Penyeberangan Binongko
● Pelabuhan Nabire
● Pelabuhan Kambuno
● Pelabuhan Salingsingan
● Bandara Marinda Raja Ampat
● Bandara Nabire Baru
● Bandara Bima

(zlf/zlf)