Pengusaha Minta Akses Vaksinasi Mandiri, Bayar atau Gratis?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 25 Jan 2021 06:01 WIB
Dalam Waktu Dekat WHO Akan Berikan Izin Penggunaan Sejumlah Vaksin Corona
Foto: DW (News)
Jakarta -

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani menjamin biaya vaksinasi virus Corona (COVID-19) jalur mandiri bakal ditanggung oleh perusahaan, sehingga karyawan mendapatkannya secara gratis.

Pengusaha baru-baru ini memang mengusulkan diizinkan melaksanakan vaksinasi mandiri. Namun, pemerintah belum memutuskan.

"Jadi, yang pertama ini adalah gratis ya untuk karyawan. Maksudnya gratis yang beli itu perusahaannya," kata Rosan kepada detikcom, kemarin Minggu (24/1/2021).

Bahkan, bagi perusahaan yang terbilang mampu, rencananya juga akan memberikan vaksinasi mandiri secara gratis untuk keluarga si karyawan.

"Untuk keluarganya itu juga rencananya akan digratiskan juga bagi perusahaan yang masih mampu," sebutnya.

Menurutnya vaksinasi lebih efisien bagi perusahaan ketimbang harus rutin melaksanakan rapid test antigen ataupun PCR test terhadap karyawannya, yang biasanya dilakukan 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali.

"Kalau ada yang bilang 'oh pengusaha kan lagi susah', tapi kan kita memang menjalankan protokol kesehatan juga dalam rangka kita menjalankan dunia usaha. Lebih efisien (vaksinasi). Jadi kalau ada yang bilang 'oh jadi cost tambahan', nggak, salah, malah ini akan mengurangi cost kita ke depan," tambahnya.

Tapi, pengusaha juga meminta izin untuk turut melaksanakan vaksinasi mandiri yang berbayar. Penjelasannya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3