Apa Joe Biden Effect buat Investasi AS di RI?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 25 Jan 2021 14:27 WIB
Covid-19: Joe Biden keluarkan 10 perintah eksekutif untuk perangi pandemi virus corona
Foto: BBC World
Jakarta -

Amerika Serikat (AS) kini dipimpin oleh Presiden Joe Biden setelah periode sebelumnya dikomandoi oleh Donald Trump. Apakah pergantian kepemimpinan di Negara Adidaya tersebut bakal berdampak terhadap investasi di Indonesia?

Donald Trump adalah anggota partai Republik, sedangkan Joe Biden dari partai Demokrat. Menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)Bahlil Lahadalia, partai manapun yang memimpin AS tak memberikan perbedaan terhadap investasi di Indonesia.

"Republik atau Demokrat yang menang itu tidak terlalu berdampak signifikan terhadap realisasi investasi Amerika di Indonesia," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers virtual, Senin (25/1/2021).

Pada 2020, realisasi investasi AS di Indonesia sebesar US$ 749,7 juta, dan berada di peringkat ke 8 di antara negara-negara lain. Bahlil menjelaskan tidak ada kekhawatiran atas pergantian kepemimpinan di Amerika Serikat atas investasi di Indonesia.

Hadirnya Joe Biden justru diharapkan Bahlil bisa membuat kondisi yang lebih baik. Tapi, dia belum tahu seperti apa arah kebijakan Biden. Terlepas dari itu, dia ingin investasi dari AS ke Indonesia meningkat.

"Harapan saya Joe Biden menambah investasi lah untuk suruh pengusaha Amerika ke Indonesia," tambah Bahlil.

(toy/eds)