Bangga Pakai Produk Made in RI, Menhub: Keren-keren!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 25 Jan 2021 14:44 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi menjajal alat pendeteksi Corona buat ahli-ahli UGM, GeNose.
Foto: Menhub Budi Karya Sumadi menjajal alat pendeteksi Corona buat ahli-ahli UGM, GeNose. (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Hal ini diharapkan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip dari akun Instagram resminya yang diunggah (24/1) mengungkapkan pada Januari tahun ini, Kementerian Perhubungan bertugas menjadi koordinator kampanye gerakan ini.

"Kami sudah melakukan kegiatan kampanye ini di Bandara Ngurah Rai, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Soekarno-Hatta, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan hari ini di Terminal Kampung Rambutan," kata dia dikutip Senin (25/1/2021).

Budi mengungkapkan di Stasiun Senen dan Terminal Kampung Rambutan, alat deteksi cepat COVID-19 buatan Indonesia akan diutamakan. Produk ini bernama Ge-Nose.

Sebuah alat deteksi yang diinisiasi oleh tim peneliti @ugm.yogyakarta. Saat ini sudah mendapatkan persetujuan edar dari Kemenkes dan Satgas Penanganan Covid-19.

"Ketika hadir di Terminal Kampung Rambutan, saya pun mengenakan jaket dan sepatu buatan anak bangsa. Jaket saya adalah produk @nevertoolavish (Komplek Villa Jl. Mayang No 15, RT 7/RW 7 Kec Kb Jeruk Jakarta Barat). Sedangkan sepatu saya bikinan @thewarna (Jl. Raya Ciapus Blok A No 4 Tamansari Bogor Jawa Barat). Keren-keren kan produk buatan bangsa kita. Yuk, kita Bangga Buatan Indonesia," ujarnya.

(kil/zlf)