3 Fakta soal Pemuda Kuningan yang Sukses Raup Ratusan Juta dari Jahe Merah

- detikFinance
Senin, 25 Jan 2021 20:30 WIB
Pemuda 25 tahun asal Desa Bandorasa Kulon, Cilimus, Kuningan, Jabar ini memilih menjadi petani ketimbang bekerja di perusahaan. Kini dia menanam ribuan pohon jahe merah.
Foto: Bima Bagaskara
Jakarta -

Pandemi COVID-19 tak ayal membawa banyak perubahan bagi kehidupan bermasyarakat. Tak sedikit yang berganti profesi atau sekadar menambah hobi di saat kebijakan kerja dari rumah (work from home/WFH) diterapkan.

Beberapa diantaranya ada yang cuan dari alih profesi atau coba-coba hobi baru tadi. Salah satunya yang terjadi pada pemuda bernama Nadiawan Zovival Hizbullah.

Pemuda 25 tahun asal Desa Bandorasa Kulon, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ini memilih untuk menjadi petani ketimbang bekerja di perusahaan. Kini pria yang akrab disapa Zovi ini menanam ribuan pohon jahe merah di lahan samping rumahnya.

Berikut 3 fakta kesuksesan Zovi dari Jahe Merah:

1. Baru Mulai 6 Bulan Lalu

Sudah enam bulan lebih Zovi menanam jahe merah. Bergelut di dunia pertanian bukan hal baru bagi Zovi. Sejak 2018 lalu sepulang bekerja di Jepang, Zovi mulai bertani dengan menanam palawija di lahan seluas 2.850 meter persegi.

"Sudah 6 bulan berjalan menanam jahe merah, sebelumnya menanam palawija seperti jagung dan cabai di lahan yang sama seluas 200 bata atau 2.850 meter persegi," kata Zovi saat berbincang dengan detikcom di rumahnya Sabtu (23/1/2021).

Meningkatnya permintaan jahe merah di masa pandemi COVID-19 ini juga jadi alasan Zovi kemudian beralih menanam jahe merah dari yang sebelumnya menanam palawija.

Bersambung ke halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2