Asosiasi Konsumen Italia Gugat Apple Rp 1 Triliun

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 25 Jan 2021 22:45 WIB
Raksasa teknologi Apple mencatatkan rekor baru. Perusahaan asal Cupertino, AS, itu kini memiliki valuasi sebesar US$ 2 triliun atau sekitar Rp 29.400 triliun (kurs Rp 14.700).
Ilustrasi/Foto: Getty Images
Jakarta -

Asosiasi konsumen Italia, Altroconsumo melayangkan gugatan kepada Apple. Asosiasi itu menggugat raksasa teknologi AS tersebut karena diduga mengurangi performa produk lawasnya.

Melansir Reuters, Senin (25/1/2021), dalam sebuah pernyataan, Altroconsumo mengatakan pihaknya meminta ganti rugi sebesar 60 juta euro (US$ 73 juta) atau setara Rp 1,02 triliun atas nama konsumen yang tertipu oleh praktik yang juga telah diakui oleh otoritas Italia itu.

Altroconsumo mengatakan gugatan tersebut mencakup pemilik iPhone 6 dan 6 Plus, 6S dan 6S Plus, yang penjualannya di Italia mencapai sekitar 1 juta ponsel antara tahun 2014 dan 2020.

Apple mengatakan pihaknya tidak pernah melakukan apa pun dengan sengaja untuk mempersingkat masa pakai produk Apple mana pun, atau menurunkan layanan pengguna untuk mendorong peningkatan penjualan.

Dua tuntutan hukum serupa terhadap Apple juga telah diajukan di Belgia dan Spanyol untuk rencana keusangan iPhone.

Asosiasi konsumen Eropa, Euroconsumers, mengatakan pihaknya juga berencana untuk meluncurkan gugatan perwakilan di Portugal dalam beberapa minggu mendatang.

(das/hns)