BLT BPJS Ketenagakerjaan Kapan Cair? Begini Cara Ceknya

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 11:13 WIB
Bansos dtks.kemensos.go.id
Foto: Bansos (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan yang bergaji di bawah Rp 5 juta sedang dinanti-nantikan untuk cair. Bantuan itu cukup membantu kehidupan para pekerja selama pandemi COVID-19 ini.

Sampai saat ini BLT BPJS Ketenagakerjaan kapan cair belum bisa diketahui secara pasti. Dikutip dari situs resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), pemerintah belum bisa memberikan kepastian kapan penyaluran akan dilanjutkan.

"Untuk tahun anggaran APBN 2021, kami memang belum menerima perintah untuk menyalurkan kembali program BSU," kata Menaker Ida Fauziyah pada 18 Januari 2021.

Ida mengatakan pihaknya sudah punya hasil evaluasi yang akan dikoordinasikan dengan Kemenko Perekonomian. Jika kondisi perekonomian belum normal, program BLT BPJS Ketenagakerjaan bisa kembali dilakukan pada 2021.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sempat memberi sinyal terkait kabar ini. Meskipun belum diketahui BLT BPJS Ketenagakerjaan kapan cair, dia sempat mengatakan bahwa bantuan akan dilanjutkan selama tiga bulan pada 2021.

"Ini akan dilanjutkan pada 2021 selama tiga bulan dan mungkin enam bulan pada kuartal satu dan dua," kata Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN).

Ditulis detikcom, Selasa (26/1/2021), begini cara mengetahui BLT pegawai kamu cair atau tidak:

1. Pertama, bisa dengan mengakses situs BPJS Ketenagakerjaan di link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan cek kepesertaan kamu.
2. Cara kedua, bisa dengan WhatsApp di nomor +62811-9115910 atau +62855-1500910
3. Cara lainnya, dengan SMS ke nomor 2757 dengan format Daftar (spasi) Saldo, nomor KTP, tanggal lahir dan nomor peserta.
4. Terakhir dengan download dan instal aplikasi BPJSTKU untuk android atau iOS.

Untuk aplikasi, pastikan pengguna telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan melakukan registrasi akun. Selain itu, cek lebih dulu status kepesertaan dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai pengingat, program BLT BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan bantuan kepada peserta yang terdaftar sebesar Rp 600 ribu per bulan atau Rp 1,2 juta setiap termin. Semoga BLT BPJS Ketenagakerjaan segera cair ya!



Simak Video "Ini Daftar Bansos yang Didapat di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/ang)