Tancap Gas, Jokowi Targetkan Minggu Depan Dewan Direksi LPI Dibentuk

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 27 Jan 2021 14:30 WIB
Presiden Jokowi
Jokowi Targetkan Minggu Depan Dewan Direksi LPI Dibentuk (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi tadi telah melantik 5 orang yang dipilih menjadi Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI). Jokowi pun menargetkan dewan direksi untuk LPI sudah bisa terbentuk minggu depan.

"Tadi baru saja kita melantik dewan pengawas LPI, lembaga pengelola investasi yang kita namakan Indonesia investment authority. Ini adalah lembaga yang kita harapkan menjadi sebuah alternatif pembiayaan bagi pembangunan negara kita," tuturnya di Istana Negara, Rabu (27/1/2021).

Dewan Pengawas LPI terdiri dari Menteri Keuangan yang menjabat sebagai Ketua merangkap Anggota, Menteri BUMN Erick Thohir sebagai anggota dan 3 anggota lainnya yakni Haryanto Sahari, Darwin Cyril Noerhadi dan Yozua Makes.

Jokowi menilai para Dewan Pengawas LPI itu memiliki rekam jejak profesional yang baik. Dengan adanya nama-nama itu diharapkan bisa mendapatkan kepercayaan dari dunia internasional.

"Sehingga alternatif pembiayaan yang kita harapkan untuk pembangunan betul-betul bisa kita raih dan kita harapkan bisa dalam jumlah yang besar," tambahnya.

Jokowi juga mengatakan, setelah Dewan Pengawas LPI dilantik, dia harapkan dewan direktur LPI bisa dibentuk dalam waktu dekat. Dia memberikan tenggat waktu minggu depan.

"Direktur segera dan saya minta agar paling lambat minggu depan itu sudah juga terbentuk dan setelah itu langsung bekerja tancap gas sesuai yang sudah kita rencanakan," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sendiri telah resmi melantik ketiga dewan pengawas (dewas) LPI dari kalangan profesional. Ketiga orang tersebut adalah Haryanto Sahari, Darwin Cyril Noerhadi, dan Yozua Makes.

Ketiga orang dewan pengawas LPI dari kalangan profesional ini nantinya akan bekerja bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri BUMN Erick Thohir selaku dewan pengawas dari kalangan pemerintah.

Pada kesempatan ini juga, Presiden Jokowi melantik Sri Mulyani Indrawati dan Erick Thohir selaku jajaran dewan pengawas LPI.

Melansir keterangan resmi LPI, Rabu (27/1/2021), pelantikan dewan pengawas LPI atau SWF yang bernama Indonesia Investment Authority (INA) berdasarkan keputusan Presiden Nomor 6/P tahun 2021.

(das/dna)