Hoax! Jangan Percaya Pesan Berantai DANA Bagi-bagi Uang Tunai

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 27 Jan 2021 18:26 WIB
Peluncuran Dana Dompet Digital

CEO Dana Vincent Iswara (kiri) bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf (tengah) saat melakukan transaksi menggunakan aplikasi Dompet Digital Dana disela peluncuran Dompet Digital Indonesia DANA, di Jakarta, Rabu (5/12). Dana adalah dompet digital berkonsep  open platform yang diperkuat oleh tekhnologi berkelas dunia dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Grandyos Zafna/detikcom
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Beredar pesan berantai di WhatsApp yang menginformasikan bahwa dompet digital DANA membagikan uang tunai secara cuma-cuma. Pihak manajemen menegaskan hal tersebut adalah hoax. Pihaknya memastikan tak pernah melakukan kegiatan promosi seperti itu.

"Dapat saya sampaikan hal itu (pesan berantai) tidak benar dan bukan kegiatan promosi atau program marketing dari DANA," kata Vice President of Communications DANA Steve Saerang dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (27/1/2021).

Steve mengatakan setiap hari selalu ada masyarakat yang menghubungi manajemen DANA untuk mengonfirmasi pesan berantai terkait pemberian uang tunai gratis tersebut.

"Yang kami jawab adalah DANA tidak memberikan promo tersebut atau mengadakan promo berhadiah," jelasnya.

Dijelaskan Steve, manajemen terus melakukan edukasi berkala kepada pelanggan untuk mengantisipasi hal tersebut. Edukasi itu dilakukan dengan cara push notification kepada pengguna, blog resmi DANA, dan informasi panduan menjaga keamanan data pakai aplikasi DANA.

Dia menyebutkan pihaknya mendapatkan informasi terkait pesan berantai tersebut sejak kuartal IV-2020. Hanya saja, pihaknya tak bisa memastikan kapan persisnya pesan berantai itu disebar ke publik.

"Yang kami temukan kasusnya berdasarkan laporan pengguna yang dari data kami cukup ramai dilaporkan pada kuartal IV-2020," tambah Steve.

(toy/zlf)