Perhatikan! Begini Teknis Transaksi Bayar Tol Nggak Perlu Setop

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 30 Jan 2021 20:30 WIB
Bayar Tol Non Tunai
Foto: Eduardo Simorangkir-detikFinance
Jakarta -

Tak lama lagi, kendaraan nantinya tak perlu lagi berhenti melakukan tap alias bayar tol tanpa setop. Nantinya, sistem pembayaran di tol akan menggunakan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis Multilane Free Flow (MLFF) berteknologi GNSS (Global Navigation Satelite System) dari Roatex, Ltd, Hungaria.

Teknologi ini sangat terbuka bagi pengembangan untuk pelayanan jalan berbayar lainnya, seperti ERP (Electronic Road Payment), trafik manajemen berbasis data induk (Big Data), dynamic pricing, parking, dan lain-lain sesuai perkembangan kebutuhannya. Singkatnya, setiap kendaraan yang lewat tol akan langsung terdeteksi oleh teknologi itu dan otomatis saldo e-wallet pengendara akan dipotong oleh sistem tersebut.

Solusi ini selain memudahkan pengguna jalan karena melalui jalan tol tanpa hambatan juga dapat meningkatkan efisiensi dan pendapatan tol, serta mengurangi tingkat kemacetan pada jam-jam padat.

Begini simulasi penggunaannya:

Pertama-tama, setiap pengendara akan diberi pilihan ingin membayar dengan perangkap apa. Ada 3 pilihan perangkat di antaranya perangkat smartphone lewat aplikasi e-Obu, lalu perangkat Onboard Unit (OBU) yang dipasang di kendaraan masing-masing, atau pakai yang manual dengan membeli tiket perjalanan (road ticket) sebelum masuk tol.

Bila memilih pakai perangkat smartphone buat bayar tol tanpa setop:

1. Pengendara perlu mengunduh aplikasi e-Obu yang tersedia di Play Store atau App Store

2. Mengisi data diri mulai dari nama, nomor HP, e-mail address, e-wallet yang akan digunaakan

3. Setelah itu, akan muncul konfirmasi persetujuan registrasi tersebut

4. Setelah mendapat persetujuan, pengendara bisa memilih menu 'Car Registration' dan mengisi data kendaraan seperti nomor plat kendaraan, kategori tol (nomor gardan), tipe mobil, lalu mengunggah foto mobil ( foto pelat nomor depan dan belakang, serta foto bentuk kendaraan yang dimiliki), hingga foto dokumen STNK kendaraan

5. Setelah itu, pilih menu 'Payment Details'

6. Pilih e-wallet yang digunakan. Bila tidak punya e-wallet pengendara bisa memilih e-wallet yang ingin digunakan ke depan

7. Setelah itu maka Anda siap melewati tol dengan mulus tanpa harus berhenti buat tap dulu.

8. Saldo e-wallet Anda akan otomatis dipotong ketika melewati tol. Bila, saldo e-wallet kosong atau tak mencukupi tarif yang ditentukan, maka akan dikenai penalti yang besarannya kini masih digodok pigak Roatex bersama pemerintah.

Bila memilih menggunakan OBU, pengendara tidak perlu melakukan registrasi tadi. Cukup memasang OBU saja di kendaraan dan otomatis saldo akan terpotong dan kena penalti bila saldo tak mencukupi.

Sedangkan, bila menggunakan Ticket Road, nanti sebelum memasuki tol, pengendara harus membeli tiket tersebut di tempat-tempat seperti SPBU dan lain sebagainya. Namun, untuk tempat pembelian tiket ini juga masih digodok oleh piham Rouatex.

"Bila ingin mudah (bayar tol tanpa setop) nggak mau pakai smartphone Anda, nggak mau pakai OBU silakan beli ticket road sendiri," ujar Chief Representative Roatex Musfidin Dahlan di Jakarta, Sabtu (31/1/2021).

(fdl/fdl)