Tiket Pesawat Tekan Laju inflasi di Januari 2021

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 01 Feb 2021 14:15 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Foto: iStock
Jakarta -

Inflasi pada Januari 2021 hanya sebesar 0,26%. dan inflasi tahun ke tahun sebesar 1,55%. Laju inflasi itu melambat jika dibandingkan periode sebelumnya.

Di satu sisi inflasi yang rendah menunjukkan laju kenaikan harga-harga yang terkendali. Namun dalam kondisi saat ini inflasi rendah erat kaitannya dengan lesunya ekonomi.

Jika dilihat dari kelompok pengeluaran seluruhnya memberikan andil terhadap inflasi, meski terbilang rendah. Hanya kelompok pengeluaran transportasi yang mengalami deflasi dan memperberat laju inflasi.

"Kelompok pengeluaran transportasi mengalami deflasi 0,30% dan memberikan andil terhadap inflasi 0,04%," kata Kepala BPS Suhariyanto, Senin (1/2/2021).

Dalam kelompok transportasi itu, komoditas yang memberikan andil terhadap deflasi paling besar adalah tarif angkutan udara yang andilnya mencapai 0,06%. Menurutnya hal itu terjadi karena liburan akhir tahun sudah berlalu sehingga pada Januari 2021 maskapai cenderung menurunkan harga tiket.

Penurunan harga tiket pesawat ini terjadi di 45 kota IHK. Penurunan harga tiket pesawat tertinggi terjadi di Tarakan sebesar 33% dan Banjarmasin sebesar 25%.

Meski begitu pada kelompok transportasi juga ada komoditas yang memberikan andil terhadap inflasi yakni kenaikan tarif jalan tol dengan andil 0,02%.

"Kita tahu pada Januari kemarin ada kenaikan tarif jalan tol di beberapa ruas yang dikelola oleh Jasa Marga," tutupnya.

(das/zlf)