Cadangan Devisa RI Naik Jadi US$ 137 M

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 05 Feb 2021 11:29 WIB
Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) pagi ini masih berada di level Rp 14.100. Dolar AS sempat tersungkur dari level Rp 14.500an hingga ke Rp 14.119 pada Sabtu pekan lalu.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Cadangan devisa RI terus mengalami peningkatan. Dari data Bank Indonesia (BI) per Januari 2021 cadangan devisa RI tercatat naik menjadi US$ 138 miliar dari posisi bulan sebelumnya yang sebesar US$ 135,9 miliar.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,5 bulan impor atau 10 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," tulis Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dikutip dari situs resminya, Jumat (5/2/2021).

Peningkatan posisi cadangan devisa pada Januari 2021 dipengaruhi oleh penerbitan global bonds pemerintah dan penerimaan pajak.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi," imbuhnya.

Tonton Video: Cadangan Devisa Indonesia Menggemuk di Januari

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)

Tag Terpopuler