Bareng Kepala Daerah, Airlangga cs Rapat Pembatasan Mikro Malam Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 05 Feb 2021 17:16 WIB
Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto
Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Jakarta -

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah rapat dengan pimpinan daerah malam ini, Jumat (5/2/2021) untuk membahas pembatasan skala mikro. Menurut Airlangga, yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, nantinya hasil rapat ini akan langsung dilaporkan ke Presiden Joko Widodo untuk menentukan langkah berikutnya.

"Pemerintah akan rapat dengan pimpinan daerah malam ini. Diharapkan kegiatan yang berskala mikro ini bisa segera untuk dioperasionalisasikan dan ini sedang disiapkan secara keseluruhan," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/2/2021).

"Tentu (hasil rapat) ini kami akan laporkan ke Presiden dulu, dan nanti presiden yang akan menetapkan langkah-langkah lanjutannya," lanjutnya.

Pemerintah sendiri sudah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali sejak bulan lalu, pembatasan tersebut menurut Airlangga membuat angka COVID-19 di Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta mengalami penurunan.

Airlangga mengatakan Jokowi ingin pembatasan dilakukan lebih kecil skalanya. Level pembatasannya mulai dari Kecamatan, hingga RT-RW.

"Kita lihat beberapa daerah alami penurunan yakni Jakarta, Jateng, dan Yogyakarta dalam seminggu terakhir. Tapi Presiden minta supaya lebih mikro lagi, levelnya bukan lagi di Kabupaten-Kota, tapi sampai ke kecamatan, lurah, desa, RT-RW," kata Airlangga.

Airlangga yang juga merupakan Menko Perekonomian mengatakan, kegiatan penanganan COVID-19 yang efektif dan memperhatikan keseimbangan antara kebijakan pembatasan dan kenaikan angka kasus COVID-19, bisa membuat ekonomi Indonesia tumbuh positif.

"Keseimbangan antara rem dan kenaikan angka pandemi dan pada saat sama mampu dorong agar perekonomian kita masuk jalur positif. Itu arahan Presiden yang perlu diterjemahkan untuk kelanjutan daripada kegiatan penanganan COVID-19," kata Airlangga.

Simak juga video 'Airlangga: Mobilitas di Tempat Kerja-Permukiman Masih Tinggi Selama PPKM':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/hns)