Alasan Lockdown Akhir Pekan Jakarta Tidak Diberlakukan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 05 Feb 2021 21:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab soal usulan lockdown akhir pekan. Anies menekankan wilayah DKI Jakarta tidak akan menerapkan kebijakan tersebut
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kebijakan lockdown akhir pekan Jakarta pada Sabtu dan Minggu tidak mungkin diterapkan. Riza mengatakan saat ini Jakarta masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari mendatang atau tepatnya hari Senin depan.

"Untuk lockdown akhir pekan, untuk sementara kan sampai tanggal 8 belum dimungkinkan karena kami kan sampai tanggal 8 masih jalankan PPKM jilid II atau PSBB yang diperketat," ujar Riza dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (5/2/2021).

Meski begitu, menurutnya bukan tidak mungkin usulan lockdown akhir pekan Jakarta dipelajari. Riza mengatakan pihaknya terus mengkaji kebijakan ini sebelum bisa diputuskan.

Untuk penerapan kebijakan setelah tanggal 8 Februari, Riza mengatakan akan ada keputusan di tanggal 7 atau 8 Februari.

"Nanti kebijakan dari tanggal 9 sampai 14 hari kemudian, itu akan diputuskan setidaknya tanggal 8 atau 7, itu artinya hari Minggu. Sebelum memutuskan (lockdown akhir pekan Jakarta) kita lakukan penelitian, kajian, dengarkan masukan dari banyak pihak, koordinasi dengan pemerintah pusat," kata Riza.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA

(hal/hns)