Pegawai BUMN Dilarang ke Luar Kota saat Imlek, Ada Sanksinya?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 10 Feb 2021 07:50 WIB
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. ANATAR FOTO/Aprillio Akbar/nz
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat skala desa/kelurahan atau PPKM Mikro telah dimulai. Pada PPKM Mikro ini, pemerintah melarang pegawai BUMN pergi ke luar kota demi menekan penyebaran kasus COVID-19.

Larangan itu ditujukan khususnya pada long weekend Tahun Baru Imlek, yakni 12-14 Februari mendatang.

Menindaklanjuti arahan itu, Staf Khusus Menteri BUMN sekaligus Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga menuturkan, pihak kementerian akan mengeluarkan surat edaran kepada pimpinan BUMN untuk mematuhi aturan tersebut.

"Kami dari Kementerian BUMN akan memberi surat edaran kepada BUMN untuk mematuhi aturan ini," kata Arya kepada detikcom, Selasa (9/2/2021).

Namun, pihaknya memang tak bisa menetapkan larangan secara langsung kepada pegawai BUMN yang melanggar ketentuan itu, atau ke luar kota saat long weekend Imlek.

"Dari Kementerian BUMN nggak boleh memberi larangan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan kan," tegas Arya.

Akan tetapi, terkait sanksi akan diserahkan kepada masing-masing BUMN yang menetapkan ketentuan untuk jajarannya. Meski begitu, ia meyakini pegawai BUMN akan mematuhi larangan tersebut.

"Jadi ini kan memang tujuannya kita untuk men-support supaya Corona ini bisa ditekan penularannya. Jadi kalau memang ditetapkan bahwa pegawai BUMN itu tidak boleh liburan selama long weekend Imlek, mereka nggak boleh ke luar kota ya pasti mereka mematuhinya lah. Dan itu diserahkan kepada masing-masing BUMN," tandas dia.

Simak Video: Kemenkes Imbau Masyarakat Rayakan Imlek dari Rumah

[Gambas:Video 20detik]



(vdl/ara)