4 Fakta Tol Cipali Amblas dan Berdampak Parah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 10 Feb 2021 20:00 WIB
Pekerja memeriksa kondisi jalan tol yang ambles di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (10/2/2021). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Astra Tol Cipali akan melakukan percepatan penanganan amblesnya jalan di ruas tol Cipali KM 122 dengan membuat lajur sementara sepanjang 200 meter dengan perkiraan waktu pengerjaan selama 10 hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Jakarta -

Kerusakan pada Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122 diperkirakan memberikan dampak parah. Dampak parah tersebut seperti terlambatnya pengiriman hingga lonjakan harga barang. Apa sebabnya amblas Tol Cipali memberikan dampak parah?

1. Akses Pantura Banjir

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Masita mengatakan, amblasnya Tol Cipali memberikan dampak parah karena akses Jalan Pantura tertutup banjir. Dengan demikian, Tol Cipali menjadi akses satu-satunya.

"Dampaknya sangat parah karena akses Pantura juga tertutup karena banjir, dan satu-satunnya jalan yang menghubungkan Jawa Barat ke Jateng adalah Tol Cipali dan ternyata 1 jalur Tol Cipali ambles," kata kepada detikcom, Selasa (9/2/2021).

2. 90% Akses Logistik Jawa Pakai Darat

Dia menuturkan, hal itu akan mengganggu semua distribusi barang di Jawa. Dia bilang, 90% lebih akses logistik menggunakan darat yaitu truk.

"Macet parah terjadi di Tol Cipali dan ini mengganggu semua distribusi barang di Jawa di mana 90% lebih lewat darat yaitu truk," ujarnya.

3. Jalur Kereta Juga Terendam

Menurutnya, jika hal itu tidak segera terselesaikan maka arus barang di Jawa bisa lumpuh. Hal itu ditambah lagi dengan akses kereta juga terputus di Semarang.

Dia mengatakan, pemerintah harus segera mengatasi masalah tersebut. Dia juga meminta pemerintah untuk mengaktifkan jalur laut untuk mengganti jalur darat yang terputus.

"Bila hal ini tidak segera diselesaikan oleh pemerintah maka arus barang di Jawa bisa lumpuh, karena jalur kereta api juga terputus di Semarang karena stasiun dan rel kereta kena banjir," katanya.

"Pemerintah perlu segera mengaktifkan jalur laut untuk angkutan barang sebagai pengganti jalur darat (Tol Cipali) yang terputus," terangnya.

Lihat juga Video: Petugas Selidiki Amblesnya Tol Cipali, Besok Pasang Pondasi

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler