Round-Up Berita Terpopuler

Proyek 'Disneyland' Harry Tanoe-Trump, Mister Loo Kelola WC Danau Toba

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 14 Feb 2021 20:59 WIB
Hary Tanoesoedibjo
Foto: Ari Saputra

2. Profil Mister Loo yang Bakal Kelola WC Danau Toba

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pengelolaan toilet di kawasan pariwisata super prioritas Danau Toba akan dilakukan oleh perusahaan internasional Mister Loo.

Hal itu diungkapkan Luhut dalam unggahan video di Instagramnya, @luhut.pandjaitan. Dia mengatakan kontrak pengelolaan toilet sudah dilakukan dengan Mister Loo.

Dilansir detikcom dari laman resmi misterloo.com, Minggu (14/2/2021), Mister Loo adalah penyedia toilet umum inovatif yang konsepnya muncul dari Swiss. Menawarkan toilet bersih dan fasilitas menyegarkan yang mutakhir pada toilet umum.

Sejauh ini Mister Loo memiliki portofolio penyediaan toilet umum di Thailand dan Vietnam. Mereka menyediakan pengelolaan toilet umum di lokasi seperti tempat wisata, pasar, pantai, kawasan pejalan kaki serta stasiun kereta api, bus, dan pom bensin.

Dalam website tersebut dijelaskan Mister Loo sendiri sudah memiliki 3 kantor perwakilan. Pertama ada di Zurich, Swiss, kedua di Bangkok, Thailand, dan yang terakhir di Ho Chi Minh City, Vietnam.

3. Kata Pedagang Mobil Bekas Soal PPnBM Mobil Baru 0%

Ada diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru mulai Maret 2021. Kebijakan itu berlaku untuk pembelian mobil dengan segmen di bawah 1.500 cc kategori sedan dan 4x2.

Menanggapi itu, pedagang mobil bekas mengatakan kebijakan diskon PPnBM untuk mobil baru memiliki sisi negatif namun juga ada positif untuk bisnisnya. Negatifnya tentu penjualan mobil bekasnya akan terdampak.

"Mengenai kebijakan pemerintah terkait PPnBM ada sisi positif dan negatifnya ke showroom mobil bekas. Negatifnya pasti harga jual mobil-mobil pasti ada pengurangan," kata Fahmi, pemilik Nava Sukses Motor kepada detikcom, Minggu (14/2/2021).

Meski begitu, dia menilai penurunan penjualan mobil bekas tidak akan terlalu signifikan meskipun ada diskon PPnBM untuk mobil baru. Sebab, stok mobil baru dianggap tidak banyak dan pembeli mobil bekas memiliki segmen tersendiri.

"Saya yakin (diskon PPnBM untuk mobil baru) nggak terlalu berpengaruh, nggak terlalu signifikan juga dampaknya. Mengingat pembeli mobil bekas sudah ada segmen tersendiri, kebijakannya juga sementara dan stok unit mobil barunya nggak terlalu banyak," tuturnya.

Halaman


Simak Video "Sandiaga Uno Mencari Terobosan Baru Untuk Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)