Gaji Rp 250 Juta Heboh, Rata-rata Upah Buruh RI Cuma Rp 2,92 Juta

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 15 Feb 2021 12:28 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Memiliki gaji besar tentu menjadi impian banyak pekerja. Terlihat dari hebohnya gaji Rp 250 juta yang jadi perbincangan di media sosial, ada yang menjadikan patokan penghasilan itu sebagai kriteria memilih pasangan, ada juga yang mencari tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Jika masyarakat Indonesia memiliki impian penghasilan hingga Rp 250 juta, berapa sebenarnya rata-rata penghasilan masyarakat saat ini?

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira mengatakan rata-rata gaji masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai buruh/pegawai senilai Rp 2,92 juta per bulan. Hal itu berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020.

"Rata-rata gaji pegawai Rp 2,92 juta per bulan. Jakarta sama Riau yang di atas Rp 4 juta," kata Bhima kepada detikcom, Senin (15/2/2021).

Rata-rata upah tertinggi dimiliki oleh warga DKI Jakarta sebesar Rp 4,59 juta, Kepulauan Riau Rp 4,07 juta dan Papua Rp 3,98 juta per bulan. Sedangkan paling rendah dirasakan oleh warga Jawa Tengah sebesar Rp 2,25 juta, Nusa Tenggara Timur (NTT) 2,23 juta, dan Sulawesi Barat Rp 2,19 juta per bulan.

Rata-rata upah buruh hingga Februari 2020 paling besar ada di sektor pertambangan dan penggalian sebesar Rp 5,1 juta per bulan. Kemudian sektor jasa keuangan dan asuransi sebesar Rp 4,15 juta per bulan, informasi dan komunikasi Rp 4,08 juta per bulan.

Selanjutnya ada di sektor pengadaan listrik dan gas sebesar Rp 3,99 juta per bulan serta pekerjaan administrasi pemerintah sebesar Rp 3,98 juta per bulan. Rata-rata upah buruh laki-laki lebih besar daripada perempuan di mana laki-laki Rp 3,18 juta per bulan dan perempuan Rp 2,45 juta per bulan.

Sedangkan untuk rata-rata upah terendah ada di kategori jasa lainnya yang hanya Rp 1,71 juta per bulan. Penghasilan itu untuk kategori seperti pekerja salon, buruh cuci, hingga asisten rumah tangga.

Itulah rata-rata upah buruh/masyarakat/pegawai. Ternyata untuk mencapai gaji Rp 250 juta masih jauh ya detikers.

Saksikan juga 'KPK Pelototi Subsidi Gaji, Menaker: Tak Ada Dana Mengendap':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/fdl)

Tag Terpopuler