3 Bulan Lagi Lebaran, Ini Jadwal Pencairan THR PNS

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 16 Feb 2021 12:44 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Tak terasa sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran. Siap-siap, Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) kemungkinan juga bakal cair. Kabar baiknya, pada lebaran kali ini, THR PNS diberikan secara full atau penuh tanpa adanya potongan.

"Kebijakan penggajian tahun 2021 adalah pemberian THR dan G13/Pensiunan 13 yang diharapkan diberikan secara full," kata Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.

Lebaran sebelumnya, besaran pencairan THR PNS tahun lalu tidak full. Lantaran, pemerintah saat itu lebih banyak mengalihkan anggaran belanja negara termasuk belanja pegawai untuk penanganan COVID-19. Dengan begitu, Askolani bilang pencairan THR PNS hanya diberikan sebagian pada tahun 2020.

"Kalau dilihat dalam tahun 2020 kebijakan tersebut tidak diberikan secara full, untuk bisa lebih men-support penanganan pandemi COVID dan pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.

Sedangkan, untuk lebaran tahun ini dimungkinkan THR PNS bisa full. Lalu, bagaimana dengan jadwal pencairan THR PNS tersebut dilaksanakan?

Untuk THR PNS mengacu pada jadwal di tahun-tahun sebelumnya, selalu dilakukan paling lambat 10 hari kerja sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Namub, hingga saat ini pemerintah belum merilis aturan terkait pencairan THR PNS tersebut. Aturan berupa peraturan pemerintah (PP) tentang pencairan THR PNS itu biasanya diterbitkan pemerintah menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Bila mengacu pada jadwal tahun-tahun sebelumnya, kemungkinan besar jadwal pencairan THR PNS akan berlangsung pada awal bulan Mei 2021 mendatang atau sekitar tanggal 4 Mei 2021, 10 hari sebelum lebaran Idul Fitri yang jatuh pada 14 Mei 2021.

Saksikan juga 'Cerita Bima Arya Temukan Warga Beli Baju Lebaran Pakai Duit Bansos':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)