ADVERTISEMENT

3 Hal yang Kamu Harus Tahu soal Diskon PPnBM Mobil Baru

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 16 Feb 2021 18:30 WIB
Adu Irit 6 Mobil Low MPV
Ilustrasi/Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Pemerintah dalam waktu dekat akan memberikan diskon pajak terhadap pembelian mobil baru. Aturan tersebut berlaku bertahap mulai dari Maret hingga Desember 2021.

Besaran diskon pajak ini pun disesuaikan tahapan yang berlaku. Sebanyak tiga periode masa berlaku insentif pajak ini hingga akhir 2021.

Pemberian insentif ini diharapkan dapat mendorong konsumsi masyarakat kelas menengah dan juga mendukung sektor otomotif tanah air. Bagaimana isi aturannya, simak 3 hal penting ini:

1. Besaran Diskon

Periode pertama insentif PPnBM mobil baru akan dimulai pada Maret-Mei dengan diskon 100%. Periode II berlaku pada Juni-Agustus dengan diskon 50%. Periode III mulai September-Desember dengan diskon 25%.

2. Jenis Kendaraan

Jenis kendaraan yang mendapat fasilitas adalah kategori sedan dan tipe 4x2 seperti hatchback, MPV, dan SUV dengan segmen sampai dengan 1.500 cc, menggunakan bahan baku lokal sebesar 70%, dan kendaraan dirakit di dalam negeri.

3. Skema

Kondisi normal, PPnBM mobil baru segmen sedang dengan kapasitas mesin maksimal 1.500 cc sebesar 30%. Setelah mendapatkan fasilitas maka PPnBM menjadi 0% pada periode pertama, lalu menjadi 15% di periode II, dan menjadi 22,5% di periode III.

Sedangkan segmen 4x2 seperti hatchback, MPV, dan SUV yang kapasitas mesinnya di bawah 1.500 terkena PPnBM sebesar 10%. Setelah mendapat fasilitas maka akan menjadi 0% di periode I, menjadi 5% di periode II, dan menjadi 7,5% di periode III.

Saksikan juga 'Sri Mulyani Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2021 Sekitar 5%':

[Gambas:Video 20detik]



(hek/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT