Live d'Rooftalk: 'Mobil Murah Harga Corona'

detikTV - detikFinance
Rabu, 17 Feb 2021 14:17 WIB
Jakarta -

Untuk menggairahkan perekonomian di tengah pandemi COVID-19, pemerintah akan memberikan insentif pajak berupa relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil baru mulai Maret 2021. Kebijakan ini akan membuat harga mobil baru menjadi lebih murah dan menjadi daya tarik bagi konsumsi masyarakat kelas menengah sekaligus mendukung keberlangsungan sektor otomotif yang mengalami penurunan saat pandemi COVID-19.

Kebijakan ini sendiri sebenarnya bukan hal baru, aturan keringanan membeli mobil baru sebelumnya sempat mencuat pertengahan 2020 karena pandemi COVID-19 sangat berdampak terhadap penjualan mobil. Kebijakan ini akhirnya disetujui Kementerian Keuangan setelah melakukan kajian sejak Oktober 2020 dan setelah muncul rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Kebijakan diskon pajak ini akan menggunakan PPnBM DTP (ditanggung pemerintah) melalui penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dan ditargetkan mulai berlaku pada Maret 2021. Untuk periode pertama akan dimulai pada Maret-Mei dengan diskon 100%. Periode II berlaku pada Juni-Agustus dengan diskon 50%. Periode III mulai September-Desember dengan disko 25%.

Namun tidak semua mobil baru mendapat diskon pajak, jenis mobil yang mendapat diskon pajak adalah kategori sedan dan tipe 4x2 seperti hatchback, MPV, dan SUV dengan segmen sampai dengan 1.500 cc, menggunakan bahan baku lokal sebesar 70%, dan kendaraan dirakit di dalam negeri.

Diskon pajak ini disambut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang sudah menanti sejak tahun lalu. Namun apakah diskon pajak ini tepat untuk kembali menggairahkan roda ekonomi kelas menengah? apakah kebijakan ini akan berdampak pada usaha penjualan mobil bekas?

D'Rooftalk bersama Alfito Deannova akan membahasnya bersama Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo, Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi, Chief Operating Officer Mobil88 Halomoan Fischer sebagai perwakilan showroom mobil bekas, dan ekonom senior Faisal Basri. Simak diskusinya dalam D'Rooftalk: 'Mobil Murah Harga Corona' Rabu (17/2) secara livestreaming pukul 19:30 WIB hanya di detikcom.

(hnf/hnf)