Ramai #SellerAsingBunuhUMKM, Siapa Itu Mr. Hu?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 17 Feb 2021 17:48 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Ilustrasi/Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta -

Tagar #SellerAsingBunuhUMKM tiba-tiba ramai di sosial media. Bahasan itu sedang trending di Twitter.

Di balik tagar itu ada sosok yang disebut-sebut sebagai aktor di baliknya yakni Mr. Hu. Kabar yang beredar, saat belanja di marketplace dengan harga murah, hampir seluruh barang tertera nama itu sebagai pengirim dengan alamat dari Shangxue Industrial Park, Building 6, Bantian.

"Biasanya alamat pengirimannya dari Guangzhou dan packingnya hampir sama semua warna putih-putih tulang dan itu kayaknya cuma ada di Shopee. Makanya kalau belanja di Shopee kalau bisa di seller lokal aja, tapi emang sih barang-barang Mr. Hu ini murah-murahnya kebangetan," tulis netizen seperti dilihat Rabu (17/2/2021). Tulisan tersebut sudah disesuaikan dengan ejaan yang baku.

"Perasaan kok barang dari China pengirimnya Mr.Hu semua ya? Aku beli tiga kali namanya Mr. Hu semua tapi dari toko yang beda," timpal akun lain.

Lantas, siapa Mr. Hu yang disebut sebagai seller asing bunuh UMKM?

dr Tirta Mandira Hudhi (dr Tirta) melalui akunnya menjelaskan bahwa Mr. Hu berasal China yang menjual barang-barang murah di marketplace. Hal itu dikhawatirkan dapat membunuh UMKM Indonesia.

"Kayaknya banyak yang belum ngerti ya, jadi kemarin ada fenomena Mr. Hu, seller dari China, yang barangnya sampai mana-mana. Isinya barang-barang lucu dan barang kebutuhan hari-hari lah. Harganya sangat murah. Transaksi eceran lintas negara. Ini bahaya buat kelangsungan UMKM kita," kata dr Tirta.

Dengan harga murah yang ditawarkan Mr. Hu, tentunya masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan barang-barang yang dijualnya ketimbang produk UMKM Indonesia.

"Bayangin, biasanya kalian beli batik misal Rp 100.000 via Mr. Hu ini, bisa beli batik print dari China Rp 35.000 dapat 2 pcs. Kita pasti pesan karena murah. Begitu liat alamat seller, yup bukan dari negara Indonesia," ucapnya.

Mr. Hu disebut kerap menjual barang yang harganya tidak masuk akal demi mencari pembeli. Hal itu juga ia lakukan tidak hanya di marketplace Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lain.

"Uniknya, Mr. Hu ini juga melakukan hal sama di Malaysia, Singapura dan paling banyak ke Indonesia. Doi jual barang-barang macam sapu, bisa murah nggak ngotak lah. Tapi ya itu. Alamatnya? Dari luar negeri sob. Dia menggerus pasar yang seharusnya komoditi UMKM," ungkapnya.

Ada salah satu netizen yang membagikan profil dengan nama lengkap Hu Jinahua, yang diduga adalah Mr. Hu. Jika benar itu orangnya, dia bukan orang sembarangan.

Hu Jinahua yang diduga sebagai Mr. Hu adalah President China Merchants Group Ltc. Sebelumnya dia juga pernah menjadi Vice Chairman dan seorang anggota direksi dari China Merchants Port Holding.

Bagaimana menurut detikers, Apakah Hu Jinahua itu adalah Mr. Hu yang diperbincangkan dalam tagar seller asing bunuh UMKM?

Saksikan juga 'Pelaku UMKM dan Musisi di Parepare Demo Tolak PPKM':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)