Rencana Erick Thohir Isi 5% Kursi Direksi BUMN Dengan Milenial

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 19 Feb 2021 07:00 WIB
Menteri BUMN RI Erick Thohir dan Komisi VI DPR menggelar rapat kerja membahas pelaksanaan pembelian Vaksin COVID-19.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Anak muda menjadi bagian penting bagi pengembangan BUMN. Maka itu, Menteri BUMN Erick Thohir berencana mengisi kursi direksi dengan para milenial.

Secara persentase, Erick Thohir ingin 5% kursi direksi diisi oleh para milenial.

"Setelah saya mendapat amanah dari Bapak Presiden sebagai Menteri BUMN dari berbagai legacy yang ingin saya wujudkan untuk kemajuan fundamental BUMN kini dan kelak, tentunya adalah generasi muda khususnya milenial berada di pimpinan puncak BUMN," katanya dalam acara Indonesia Young Business Leaders Award 2021, Kamis (18/2/2021).

"Karenanya salah satu terobosan yang dilakukan BUMN memberikan kesempatan kepada generasi milenial untuk duduk dalam jajaran direksi dengan target 5% dari seluruh direksi yang ada di BUMN," tambahnya.

Tak hanya milenial, Erick juga mendorong keterlibatan perempuan di BUMN. Ia menargetkan, 15% di jajaran direksi dan komisaris perusahaan pelat merah.

"Sementara target keterwakilan perempuan adalah 15% di jajaran BOC, BOD dan BOD minus 1 ini bukan sekadar mendorong, bahkan saya menjadikan persentase keterwakilan generasi muda dan perempuan sebagai KPI bagi para direksi BUMN dalam menjalankan target ini," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut butuh proses. Menurutnya, perlu ditindaklanjuti dengan menata lingkungan kerja yang menunjang karir generasi muda milenial dan perempuan.

"Tentu ini merupakan proses. Langkah ini kemudian ditindaklanjuti dengan menata agar lingkungan kerja BUMN menunjang karir generasi muda dan juga perempuan agar berkembang menjadi pemimpin berkualitas tinggi," katanya.

Simak video 'Jokowi Kenalkan Dewas-Direksi LPI, Ada Sri Mulyani-Erick Thohir':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2