Sudah Ada Vaksin, Pedagang Berharap Dagangan Lebaran Laris Manis

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 19 Feb 2021 14:44 WIB
Suasana Pasar Tanah Abang Usai Vaksinasi
Foto: Soraya Novika
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 tahap II digelar untuk pedagang di Pasar Tanah Abang, DKI Jakarta sudah dimulai sejak Rabu (17/2) kemarin. Total pedagang calon penerima vaksin mencakup 1.500 orang, terbagi di 3 titik vaksinasi. Ada 2 titik di lantai 8 yang diperuntukkan bagi para pedagang, dan 1 titik di lantai 12 blok A Pasar Tanah Abang untuk para pegawai PD Pasar Jaya.

Beberapa sudah mulai disuntik vaksin COVID-19. Rata-rata pedagang Tanah Abang yang detikcom jumpai mengaku tak keberatan dengan vaksinasi tersebut. Vaksinasi malah menumbuhkan optimisme para pedagang di sana. Mereka berharap semoga secepatnya pasar Tanah Abang ramai pembeli lagi seperti sebelum pandemi.

"Harapannya kalau bisa laris manis pas lebaran, buat nutupin yang kemarin-kemarin sepi," ujar Rohma, pedagang gamis di Blok F Pasar Tanah Abang kepada detikcom, Jumat (19/2/2021).

Rohma mengaku belum divaksinasi tapi ia sudah mendaftar diri untuk dapat giliran segera. Rohma mengaku juga aktif mengajak teman-teman pedagang lainnya yang masih ragu-ragu divaksinasi agar pasar Tanah Abang bisa pulih lagi seperti sebelum pandemi.

"Belum sih, tapi dah daftar, belum tau kapan divaksinnya, nanti nunggu nomor gitu dari petugas," ungkapnya.

Pedagang lainnya yang sudah lebih dulu divaksinasi juga berharap serupa.

"Moga ya ekonomi kita stabil lagi, banyak yang kerja lagi, biar banyak yang beli, pelanggan kita dulu banyak juga pekerja kantor tapi karena kena PHK jadi sedikit pesanannya," ujar Jajang, pedagang setelan jas dan baju kantor di Tanah Abang.

Jajang yang sudah divaksinasi mengaku tak keberatan disuntik duluan. Divaksinasi duluan menurutnya bisa menjadikannya sebagai contoh untuk keluarganya dan membuat mereka percaya kalau vaksin tak berbahaya.

"Ia vaksin duluan, nggak apa-apa, supaya bisa cerita juga ke keluarga di kampung, vaksin tuh nggak bahaya," timpalnya.

Dari pantauan detikcom, titik tempat vaksinasi di Tanah Abang memang ramai oleh para pedagang. Di lantai 12 pun ramai juga yang mendaftar. Tampak tak ada kekhawatiran di raut wajah mereka. Bahkan ada yang kecewa karena tak kebagian giliran daftar vaksin hari ini.

"Saya belum, tadi mau daftar tapi dah ditutup pendaftarannya, dah banyak yang daftar katanya," ujar seorang pedagang lainnya.

Temannya mengaku hanya menemani saja, sebab ia sedang dalam kondisi hamil jadi tidak bisa divaksinasi.

"Pengen sih divaksin tapi saya lagi hamil nggak boleh kan katanya," sambungnya.

Lihat Video: Hari Ini, Sekitar 1.500 Orang di Kawasan Tanah Abang Divaksinasi Corona

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)