Sedih! Gudang dan Puluhan Toko Alfamart Lumpuh Diterjang Banjir

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 21 Feb 2021 14:00 WIB
alfamart
Ilustrasi Foto: Kartika Tarigan
Jakarta -

Gudang dan puluhan gerai Alfamart lumpuh karena terendam banjir yang melanda sejumlah daerah. Mayoritas gerai yang diterjang banjir berlokasi di Bekasi.

"Kalau di toko, saya pikir kemarin yang saya data saja cukup banyak ya lebih dari 40-an toko yang terkena ya, baru satu merek saja itu Alfa. Saya punya Alfamidi juga sama ya," kata Corporate Affair Director Sumber Alfaria Trijaya, Solihin kepada detikcom, Minggu (21/2/2021).

Kejadian itu membuat barang-barang di gerai Alfamart sebagian hancur dan rusak, serta dipastikan tidak dapat dijual kembali.

"Kalau ditanya barang itu kan ada yang shelving (rak) di bawah dan shelving di atas ya, otomatis shelving yang di bawah kalau ditanya bukan hancur lagi, sudah nggak bisa diapa-apain," sebutnya.

Untungnya gudang penyimpanan barang milik Alfamart di lokasi terpisah dari toko tidak terlalu parah diterjang banjir. Air merendam sejauh pelataran gudang. Meski tak begitu parah, kegiatan pengiriman barang terhambat akibat genangan air.

"Ya sejauh ini memang gudang tidak terendam separah toko ya, artinya (banjir) sejauh pelataran ya pasti ya sehingga aktivitas daripada pengiriman agak sedikit terganggu," papar Solihin.

Bicara soal kerugian materi, pihaknya masih menghitung. Saat ini dia belum bisa memberi keterangan mengenai nominalnya. Pihaknya pun masih fokus untuk memulihkan toko-toko yang terendam banjir.

"Saat ini kan kita lagi (berupaya) bagaimana mempercepat toko itu bisa beroperasi kembali. Artinya jaringan-jaringan yang rusak, kayak kita bicara yang namanya barang pasti kita rapihin, lantai kita bersihin, perangkat elektronik yang memang bisa kita gunakan untuk operasi segera kita recovery," tambahnya.

(toy/zlf)