Mesin Terbakar di Udara, United Airlines Kandangkan 24 Boeing 777

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 22 Feb 2021 09:55 WIB
Mesin United Airlines Terbakar
Mesin United Airlines Terbakar/Foto: Andy Cross/The Denver Post via AP
Jakarta -

Maskapai asal Amerika Serikat (AS), United Airlines akan menghentikan semua penerbangan dengan 24 armada pesawat jenis Boeing 777. Hal itu dikarenakan salah satu mesin pesawat mengalami kerusakan dan harus mendarat darurat di Bandara Internasional Denver pada Sabtu (20/2) kemarin.

Pengumuman itu muncul setelah Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan butuh inspeksi lanjutan terhadap pesawat Boeing 777 dengan mesin seri Pratt & Whitney PW4000 setelah terjadi kerusakan mesin dalam penerbangan United 328.

Dilansir Reuters, Senin (22/2/2021), inspeksi lanjutan itu berimbas pada penghentian sementara operasional beberapa pesawat Boeing 777 milik United.

United Airlines mengatakan akan membicarakan lebih lanjut dengan regulator AS untuk menentukan langkah lanjutan yang diperlukan. Hal itu dilakukan guna memastikan pesawat memenuhi standar keamanan ketat dan bisa kembali beroperasi.

Sebelumnya diberitakan pesawat Boeing 777 milik United Airlines harus mendarat darurat pada Sabtu (20/2) karena mengalami kerusakan mesin. Sejumlah foto beredar menunjukkan beberapa bagian pesat jatuh berserakan.

Pihak maskapai mengatakan pesawat Boeing 777-200 yang mengangkut 231 penumpang dan 10 awak itu sedang menuju ke Honolulu ketika mengalami kerusakan mesin. Kerusakan mesin dilaporkan terjadi tak lama setelah pesawat lepas landas dan kemudian kembali ke bandara awal.

Tidak ada laporan korban luka, baik di pesawat maupun di darat. FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) akan menyelidiki insiden itu dan telah membuka penyelidikan.

"Jika Anda menemukan puing-puing, Tolong jangan sentuh atau pindahkan. @NTSB ingin semua puing tetap berada di tempat untuk penyelidikan," kata departemen kepolisian Broomfield di Twitter.

(aid/ara)