Ini Daftar Kementerian dan Lembaga yang Paling Getol Belanja

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 23 Feb 2021 16:57 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Kementerian Keuangan mencatat realisasi belanja kementerian dan lembaga (K/L) pada Januari 2021 tercatat Rp 48 triliun atau tumbuh Rp 55,6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 30,9 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan realisasi belanja K/L ini lebih tinggi Rp 17,1 triliun dari tahun 2020 karena didorong penanganan COVID-19 di awal tahun.

Realisasi belanja kementerian dan lembaga (K/L) untuk bantuan sosial antara lain PKH, kartu sembako dan bantuan sosial tunai. "Kemudian untuk belanja operasional dan pelayanan kesehatan rumah sakit. Pembayaran multi years contract (MYC) yang sudah diselesaikan pekerjaannya," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (23/2/2021).

Kemudian anggaran juga digunakan untuk percepatan lelang pembangunan infrastruktur prasarana konektivitas, sumber daya air, dan irigasi. Dia menjelaskan Kementerian Sosial yang belanjanya paling tinggi realisasinya mencapai Rp 17,6 triliun atau tumbuh 91,2%.

Lalu Kementerian PUPR realisasi belanjanya Rp 9,3 triliun atau tumbuh 404,3%. Hal ini karena adanya penyelesaian MYC Sumber Daya Air. Selanjutnya Polri tercatat Rp 5,6 triliun dan Kementerian Pertahanan Rp 3,4 triliun.

Sedangkan untuk belanja Kementerian Kesehatan tercatat Rp 4,2 triliun. Kemendikbud Rp 800 miliar, Kementerian Agama Rp 1,3 triliun, Kementerian Perhubungan Rp 1 triliun, Kementerian Keuangan Rp 2,7 triliun, dan Kementerian Pertanian Rp 200 miliar.

Simak video 'Jokowi Beberkan APBN Tahun 2021 Naik, Totalnya Rp2.750 triliun':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)