Masih Pandemi, Larangan Mudik Lebaran bakal Ada Lagi Tahun Ini?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 23 Feb 2021 17:03 WIB
Sejumlah foto kolase memperlihatkan suasana pintu Tol Cikampek Utama di momen mudik lebaran sebelum dan sesudah pandemi Corona. Penasaran? Yuk, intip foto-fotonya.
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/Nova Wahyudi
Jakarta -

Pemerintah pernah melakukan larangan mudik pada hari raya lebaran di awal masa pandemi menerjang Indonesia pertengahan tahun lalu. Hal itu untuk menekan angka penularan COVID-19 lewat perjalanan orang antar daerah.

Lalu apakah kebijakan serupa akan dilakukan tahun ini, mengingat bulan puasa semakin dekat dan kondisi pandemi masih mengkhawatirkan?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan soal larangan mudik pihaknya masih menunggu koordinasi antar kementerian. Menurutnya, pemerintah sendiri sudah melakukan rapat untuk membahas kebijakan ini.

"Saya nanti nunggu arahan pak Menko (Marves), kalau libur kan sudah ada Menko PMK. Kita kemarin udah rapat, arahan itu lah yang digunakan untuk mengacu policy-policy terhadap kinerja mudik," kata Budi Karya ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

Dari rapat itu Budi Karya mengatakan belum ada keputusan untuk larangan mudik. Hanya saja, skema mudik bersama yang biasa dilakukan tiap tahun akan dilakukan dua tahap.

"Kemarin sudah diputuskan mudik bersama jadi dua kali," kata Budi Karya.

Budi Karya lantas mengatakan untuk larangan mudik bagi pegawai negeri sipil akan diputuskan oleh Menpan-RB Tjahjo Kumolo. Dia mengatakan soal kepastiannya masih menunggu keputusan dari Menpan-RB.

"Kalau larangan mudik itu domain dari Kemenpan RB. Jadi kita tunggu saja keputusan pak Menpan," kata Budi Karya.

Simak video 'Menkes Budi: Libur Lebaran Nanti di Rumah Saja':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/zlf)