Ask'd Boss

Mau Tanya Apa ke Bos BCA dan Crazy Rich Surabayan Pemilik Avian?

Tim Detikcom - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 07:00 WIB
ask d boss/Tim infografis
Foto: ask d' boss/Tim infografis
Jakarta -

Program Ask'd Boss detikcom kembali hadir. Kali ini, detikcom punya kesempatan untuk wawancara Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja dan Crazy Rich Surabayan yang juga pemilik merek Cat Avian, Hermanto Tanoko. Detikers ikutan nanya yuk!

Siapa sih mereka? Yuk kita ulas sedikit.

Kita mulai dari Jahja Setiaatmadja. Karier Jahja dimulai dari nol. Berdasarkan catatan detikcom, Jahja Setiaatmadja pernah bekerja dengan gaji hanya Rp 60.000 per bulan sambil menjadi mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada 1979.

Saat itu Jahja Setiaatmadja bekerja di perusahaan akuntan bernama Publik Pricewaterhouse atas rekomendasi kakak kelasnya di UI bernama Idrus Munandar. Merasa gajinya tak cukup untuk memenuhi kebutuhannya, dia mencari penghasilan tambahan dengan menjadi tukang sewa kaset video milik seorang anggota Komisi Pembantu Setempat (KPS) Penabur.

Jahja Setiaatmadja menawarkan kaset-kaset tersebut ke teman kuliahnya. Pekerjaan itu dihentikan sejak dia bekerja di perusahaan otomotif Indonesia, PT Indomobil dan sempat juga bekerja di Kalbe Farma.

Menapaki usia ke-60, BCA meluncurkan sejumlah inovasi layanan dan produk, Rabu (22/02/2017). BCA meluncurkan Paspor BCA dengan wajah baru.Presdir BCA Jahja Setiaamatdja/Foto: Grandyos Zafna

Cerita Hermanto tak kalah menarik. Hermanto merupakan anak pendiri PT Avia Avian atau Avian Brands Soetikno Tanoko, produsen cat ternama di Indonesia seperti Avian, Avitex sampai No Drops.

Siapa sangka Hermanto dulunya merupakan anak yang lahir dari keluarga yang ekonominya tidak baik. Kesulitan ekonomi ini memaksa kedua orang tuanya untuk menyewa tempat tinggal di rumah bekas kandang ayam.

Istimewa/Dok: Hermanto TanokoIstimewa/Dok: Hermanto Tanoko Foto: Istimewa/Dok: Hermanto Tanoko

Masih penasaran cerita lainnya? Tenang, dalam program Ask d'Boss ini, detikers boleh banget titip pertanyaan buat narasumber. Nanti beberapa pertanyaan yang terpilih bakal disampaikan.

Pertanyaan bisa dikirim ke email redaksi@detikfinance.com atau komentar di berita ini. Jangan lupa, sertakan nama, domisili dengan subjek Pertanyaan untuk Jahja Setiaatmadja atau Pertanyaan untuk Hermanto Tanoko.

Pertanyaan ditunggu paling lambat Kamis 25 Februari jam 21.00 WIB malam ya!. Yuk ikutan nanya!

Simak juga video 'Crazy Rich (Gila dan Kaya Raya)':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)