3 Fakta Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya di Dunia

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 18:00 WIB
SpaceX CEO Elon Musk speaks after unveiling the Dragon V2 spacecraft in Hawthorne, California May 29, 2014. Space Exploration Technologies announced April 27, 2016, it will send uncrewed Dragon spacecraft to Mars as early as 2018, a first step in company founder Elon Musks goal to fly people to another planet. REUTERS/Mario Anzuoni/File Photo
Foto: REUTERS/Mario Anzuoni/File Photo
Jakarta -

Pendiri produsen mobil listrik Tesla, Elon Musk tak lagi menduduki urutan teratas dalam daftar orang terkaya di dunia. Hal itu disebabkan karena saham Tesla yang merosot. Kini singgah sana Musk diambil alih lagi oleh pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Berikut ini fakta Musk yang tidak lagi menjadi orang terkaya sejagat.

1. Saham Tesla Anjlok

Penyebab utama dari tergerusnya kekayaan Musk yakni saham perusahaan mobil listriknya yang anjlok baru-baru ini. Dikutip dari BBC, Rabu (24/2/2021), saham Tesla telah jatuh lebih dari 20% sejak mencapai harga tertinggi lebih dari US$ 880 pada awal Januari lalu.

Menurunnya kekayaan Elon Musk telah terjadi sejak saham Tesla turun 8% dan menyebabkan Musk kehilangan US$ 15 miliar dari kekayaan bersihnya. Penurunan saham Tesla pun berlanjut hingga turun 2% pada Selasa kemarin.

2. Harga Bitcoin Anjlok

Amblesnya saham Tesla dikaitkan dengan turunnya harga bitcoin di beberapa hari belakangan ini. Bitcoin menjadi terikat dengan Tesla karena perusahaan itu telah membeli US$ 1,5 miliar bitcoin serta uang kripto itu diizinkan untuk transaksi untuk membeli Tesla.

Analis Wedbush Securities Dan Ives mengungkap penurunan nilai bitcoin mungkin telah mendorong beberapa investor Tesla untuk menjual saham mereka.

Tonton juga Video: Forbes Masih Ogah Sebut Elon Musk Orang Terkaya di Dunia

[Gambas:Video 20detik]



3. Orang Terkaya Kedua di Dunia

Kedudukan Elon Musk turun menjadi orang terkaya kedua di dunia. Kini kedudukan pertama diambil alih lagi oleh pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Dikutip dari Forbes, Rabu (24/2/2021) dari data Real Time Billionaires Forbes, kekayaan bersih Musk tercatat US$ 166,1 miliar atau setara Rp 2.334 triliun (kurs Rp 14.055). Penurunan kekayaannya sebesar 1,81% atau US$ 3,1 miliar.

Sementara Bezos kekayaannya tercatat naik sebesar US$ 732 juta atau 0,39%. Total kekayaan Bezos pun mencapai US$ 186,9 miliar. Bezon pun kembali ke singgasananya yang sebelumnya lama dia duduki.

(eds/eds)