Ditanya soal Luhut Lagi Luhut Lagi... Apa Kata Luhut?

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 11:31 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dinilai menjadi seorang pejabat yang ingin terlibat di mana-mana. Tidak sedikit khalayak menilai dengan istilah 4L alias Luhut Lagi Luhut Lagi.

Luhut sendiri memang sering terlibat di banyak sektor yang berkaitan dengan urusan pemerintahan. Hal itu pun disampaikan langsung oleh Founder dan Chairman CT Corp, Chairul Tanjung (CT) dalam Economic Outlook CNBC Indonesia TV, Kamis (25/2/2021).

"Di masyarakat ada istilah 4L, pak Luhut sudah dengar kan. Luhut lagi Luhut lagi. Mohon dijelaskan klarifikasinya," kata CT.

Menjawab hal itu, Luhut pun menjelaskan dirinya yang sering terlibat di banyak sektor mengenai urusan pemerintahan.

"Sebetulnya tidak Luhut Lagi Luhut Lagi. Jadi apa yang saya kerjakan tidak mau kalau tidak holistik, saya tidak mau tidak terintegrasi, karena kalau tidak holistik itu tidak tuntas," kata Luhut.

Dia juga menjelaskan instansi yang dipimpinnya sekarang ini, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi membawahi beberapa instansi di sektor yang berbeda-beda, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian ESDM, dan lainnya

Bahkan dalam praktik atau eksekusi sebuah program, dikatakan Luhut tidak menutup kemungkinan untuk bersinergi dengan instansi yang di luar dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"Kalau pembangunan jalan tol itu di bawah saya, ada urusan Kementerian PUPR dan masalah lahannya ada di Kementerian ATR. Karena saya kerja banyak dan yang penting tugas pokok saya dari presiden saya tuntaskan," ungkap Luhut.

Lihat Video: PPKM Tak Efektif, Jokowi Berikan Instruksi ke Luhut

[Gambas:Video 20detik]



(hek/fdl)